SABTU , 17 NOVEMBER 2018

KPK Memiliki Bukti Keterlibatan Setnov Kasus Korupsi e-KTP

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 04 April 2017 22:08
KPK Memiliki Bukti Keterlibatan Setnov Kasus Korupsi e-KTP

Setya Novanto. Foto: dok/jpnn

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memiliki bukti keterlibatan Ketua DPR RI Setya Novanto (Setnov) dalam kasus Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Hal ini diungkapkan Juru Bicara KPK Febri Diansyah, di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (4/4).

“Semua bukti akan diajukan di persidangan,” katanya.

Menurutnya, penyidik tengah mencermati fakta persidangan dengan terdakwa Irman dan Sugiharto. Kemungkinan pihaknya akan menetapkan tersangka baru dalam perkara ini.

“Di fakta persidangan sudah muncul beberapa info keterkaitan dengan sejumlah pihak yang disebutkan. Misalnya, pihak yang diduga bersama-sama dengan terdakwa atau pihak yang diduga menerima sejumlah uang dalam rangkaian peristiwa ini,” ujar Febri.

Dalam dakwaan yang sudah diungkap Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, terungkap Setya Novanto ikut terlibat dalam proses pembahasan e-KTP.

Setnov disebut telah bersama-sama dengan dua terdakwa Irman dan Suhiharto. Tersangka lainnya seperti, Andi Agustinus alias Andi Narogong, Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni, dan Ketua panitia pengadaan barang beserta jasa Drajat Wisnu Setyawan telah melakukan tidak pidana korupsi yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Terlebih lagi, KPK juga sudah memastikan akan terus mengejar bukti-bukti untuk menetapkan tersangka baru dalam perkara ini.

“Dalam penanganan kasus e-KTP ini, sejak awal kita menyampaikan tidak akan berhenti pada dua orang. Kemudian kita tetapkan satu tersangka baru AA (Andi Narogong). Dan tentu KPK tetap secara serius melakukan pendalaman info yang ada dan mencermati fakta persidangan,” kata dia.


div>