SENIN , 20 NOVEMBER 2017

KPK Temukan Catatan Skema Pengendali Proyek e-KTP di Rumah Chairuman Harahap

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 17 Maret 2017 10:37
KPK Temukan Catatan Skema Pengendali Proyek e-KTP di Rumah Chairuman Harahap

Ilustrasi. foto: net

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rupanya menemukan catatan berisi skema pengendali korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) di rumah mantan Ketua Komisi II DPR RI, Chairuman Harahap.

Catatan itu ditemukan penyidik saat melakukan penggeledahan di rumah Chairuman. Hal itu terungkap dalam persidangan dua terdakwa kasus korupsi e-KTP Irman dan Sugiharto di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (16/3).

Awalnya, Jaksa Abdul Basir menayakan kepada Chairuman terkait barang bukti berupa catatan yang ditemukan saat penggeledahan.

“Bisa bapak jelaskan catatan berjudul yang mengatur dan merekayasa dan mark-up harga dan pimpinan pengendali (Bos e-KTP) anggaran APBN 2011-2012, pagu Rp5,9 triliun?,” tanya Jaksa Abdul Basir.

Jaksa juga menunjukkan barang bukti berupa foto catatan di atas kertas yang pernah disita di kediaman Chairuman.

Menurut Chairuman, catatan itu bermula saat majalah Tempo menulis berita tentang korupsi e-KTP. Saat itu, dia menanyakan kepada wartawan lokal soal kasus tersebut.

Chairuman mengatakan, wartawan itu lalu membuat skema untuk memudahkan Chairuman mengerti tentang alur korupsi yang ditulis majalah Tempo.

[NEXT-RASUL]

“Saya tanya supaya lebih jelas. Waktu itu saya masih di DPR, tapi sudah bukan di Komisi II. Saya hanya ingin mengetahui saja,” ujar Chairuman.

Nama Chairuman Harahap disebut diperkaya sebesar USD 584 ribu dan Rp26 miliar dalam proyek e-KTP. Uang itu didapatkan dari pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong saat pembahasan anggaran e-KTP di DPR. Namun, dalam sidang Chairuman membantah telah menerima uang dari proyek e-KTP. (jpg)


div>