SABTU , 17 NOVEMBER 2018

KPU Bantaeng Himbau Caleg Tidak Sembarangan Pasang APK

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Iskanto

Selasa , 02 Oktober 2018 15:31
KPU Bantaeng Himbau Caleg Tidak Sembarangan Pasang APK

Ketua KPUD Bantaeng, Hamzar

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bantaeng menghimbau agar seluruh Calon Legislatif (Caleg) tidak sembarangan memasang Alat Peraga Kampanye (APK).

Hal ini diungkapkan Ketua KPUD Bantaeng, Hamzar. Ia menjelaskan bahwa telah ada titik yang ditentukan oleh KPUD beserta dengan ukurannya. Namun apabila ada yang menyalahi aturan maka akan ditertibkan oleh Bawaslu Bantaeng.

“Sudah ada titik yang kami tentukan, termasuk ukuran APK yang akan dipasang. Untuk baliho ukurannya 1,5 x 2,5 meter dan untuk spanduk 1 x 5 meter. Itu adalah kesepakatan seluruh Parpol yang bertarung di Bantaeng. Kalau ada yang beredar itu perlu dipantau oleh bawaslu untuk ditertibkan,” jelas dia, Selasa (2/10).

Menurut dia, akan ada APK yang akan dicetak oleh KPUD Bantaeng dan ada juga yang dicetak oleh Parpol masing – masing. Namun dalam APK tersebut tidak diperbolehkan memuat salah satu kandidat di Pilpres 2019.

” Nanti APK akan ada yang difasilitasi oleh KPUD dan ada yang dibuat oleh Parpol masing – masing. Yang difasilitasi itu sebanyak 10 APK se Kabupaten Bantaeng. Untuk spanduk KPUD akan mencetak 16 buah. Desainnya itu dibuat oleh Parpolnya masing – masing. Dengan catatan tidak boleh memiuat gambar kandidat Pilpres,” katanya.

Namun, dia memperbolehkan parpol untuk memasukkan gambar caleg maupun pengurus parpol yang tidak ikut bertarung. Dia juga berharap, agar semua caleg maupun Parpol untuk mematuhi aturan yang telah disepakati.

” Gambarnya itu sendiri dapat memuat pengurus partai yang tidak ikut sebagai DPT Caleg. Kami berharap semua perserta menaati semua kesepakatan yang telah disepakati bersama supaya pemasangan APK itu sesuai dengan titik yang ditentukan. Adapun kalau ingin dipasang diruang privat, itu harus sesuai izin,” tutup dia. (*)


div>