SELASA , 20 NOVEMBER 2018

KPU Finalisasi Jadwal Kampanye Akbar

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Selasa , 12 Juni 2018 11:00
KPU Finalisasi Jadwal Kampanye Akbar

Kantor KPU Sulsel

– Untuk Paslon Pilgub di Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, secara final telah menetapkan jadwal kampanye akbar di Kota Makassar bagi masing-masing Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel periode 2018-2023.

Dalam Surat Keputusan (SK) KPU Sulsel, kampanye akbar empat paslon di Kota Makassar, akan mulai digelar pada tanggal 20 Juni 2018 sampai dengan 22 Juni 2018.

“Sesuai SK KPU yang baru, secara resmi jadwal kampanye akbar paslon gubernur di Kota Makassar, lokasi Lapangan Karebosi mulai tanggal 20-22 Juni 2018,” kata Komisioner KPU Sulsel, Faisal Amir, usai rapat pemantapan bersama LO paslon di Kantor KPU Sulsel, Senin (11/6) kemarin.

Penetapan jadwal kampanye rapat umum atau kampanye akbar paslon pilgub, merujuk pada aturan atau rekomendasi Bawaslu Sulsel. Sehingga, membatalkan putusan KPU yang lama dalam SK KPU Sulsel bernomor 68/PL.03.4-Kpt/73/Prov/IV/2018. SK tersebut ditandatangani eks Ketua KPU Sulsel Iqbal Latif pada 16 April 2018 lalu.

Surat Pemkot Makassar untuk pemakaian lokasi Lapangan Karebosi mulai tanggal 18-23 Juni 2018. Namun, dikarenakan jadwal kampanye paslon pilgub juga di daerah lain, sehingga KPU menetapkan waktu mulai 19-22 Juni 2018.

Faisal menjelaskan, merujuk pada keputusan Bawaslu tentang sengketa lokasi kampanye, pihaknya menyurat serta berkoordinasi dengan pihak Pemkot Makassar untuk peminjaman Lapangan Karebosi sebagai lokasi kampanye untuk semua paslon, sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku.

“SK baru. Setelah penyelesaian di Bawaslu, maka kami menyurat ke Pemkot Makassar untuk pemakaian Lapangan Karebosi. Dan disetujui, lokasi kampanye untuk semua paslon sesuai jadwal. Tanpa terkecuali,” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut dia, izin pemakaian Lapangan Karebosi berdasarkan izin Pemkot Makassar. Pihak paslon dan tim diwajibkan menjaga ketertiban dan keamanan, serta fasilitas yang ada selama kegiatan berlangsung.

“Sesuai surat izin dari Pemkot Makassar, Lapangan Karebosi dipakai dengan ketentuan, menjaga ketertiban umum dan memperbaiki fasilitas apabila rusak. Berkoordinasi dengan pengelola untuk hal lanjutan,” terangnya.

Ia menegaskan, jadwal baru yang dikeluarkan melalui SK KPU, bersifat final. Sehingga, tak ada lagi perubahan jadwal di kemudian hari.

“Jadwal ini final, tak berubah. Apalagi jadwal kami sesuai. Soal perubahan jadwal, kami sudah tuntaskan usulan paslon. Kami buat jadwal sesuai ketentuan untuk tak bertabrakan,” tegasnya.

Sementara, tim dan LO paslon Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL – Cakka) yang hadir, Halim Kamaruddin dan Ahmad Mannanrai, menyambut baik jadwal baru yang telah ditetapkan oleh KPU. Jadwal baru tersebut mengakomodir semua paslon, sehingga tak ada yang merasa didiskriminasi.

“Kami sepakat jadwal yang baru, sisi lain tak bertabrakan dengan paslon lain,” singkat Halim Kamarudin.

Sedangkan, LO Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman (NA – ASS), Izzdin Idrus, merasa kecewa karena penetapan jadwal tak sesuai surat yang dimasukan di KPU.

“Surat kami sampaikan ke KPU tanggal 22 atau 23 diabaikan. Kami kecewa,” singkatnya.

Di tempat yang sama, Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi, dan Hubungan Antar Lembaga KPU Sulsel, Uslimin, menyarankan agar pemakaian lokasi Lapangan Karebosi. Pihak tim juga berkoordinasi pelaksanaan teknis kebersihan dan yang menjaga lokasi tersebut.

“Artinya koordinasi saja. Apalagi yang atur panggung pihak paslon dan LO,” singkatnya.

Soal jadwal kampanye akbar di Kota Makassar oleh Munafri Arifuddin – Rachmatika Dewi (Appi – Cicu), Komisioner Divisi SDM KPU Kota Makassar, Andi Shaifuddin, mengatakan, jadwal sudah diatur sehingga tak bertabrakan dengan jadwal kampanye akbar Pilgub Sulsel. Appi – Cicu akan berkampanye di Lapangan Karebosi pasca kampanye paslon pilgub, yakni 23 Juni mendatang.

“Sudah kami atur jadwal, kampanye akbar Appi – Cicu tidak bersamaan kampanye pilgub. Kami jadwalkan Sabtu, 23 Juni, di Lapangan Karebosi,” pungkasnya. (*)


div>