SELASA , 20 NOVEMBER 2018

KPU Jeneponto Gugurkan Tiga Bacaleg PSI di Dapil III

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Iskanto

Jumat , 24 Agustus 2018 14:16
KPU Jeneponto Gugurkan Tiga Bacaleg PSI di Dapil III

int

JENEPONTO, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto terpaksa menggugurkan tiga Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di dapil III (Bangkala – Bangkala Barat).

Menurut Komisioner KPU Jeneponto Divisi Teknis, Ekawati, terdapat salah satu Bacaleg PSI yang tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada Dapil III.

” Ada salah satu bacaleg dari PSI  yang belum memenuhi syarat dalam artian di verifikasi pertama dia dalam status belum memenuhi syarat (BMS). sehingga diberikan lagi waktu perbaikan untuk masa perbaikan mulai dari tanggal 22 hingga 31 Juli 2018,” kata dia, saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (24/8).

Setelah memasukan kembali berkas perbaikan, pihak KPU melakukan kembali verifikasi terkait berkas yang telah diperbaiki. Tapi setelah verifikasi yang dilakukan tim verifikasi KPU ternyata  salah satu Bacaleg PSI dari dapil III tidak melengkapi berkasnya yaitu surat keterangan pengadilan.

” Disini dipetunjuk teknis dikatakan bahwa yang bukan mantan terpidana itu dia harus melapirkan surat keterangan pengadilan negeri di wilayah hukum tempat tinggal Baceleg. Dimana isinya menyatakan Bacaleg tidak pernah terpidana berdasarkan putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap,” jelasnya.

Sehingga ketika KPU melakukan penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS),  KPU menganggap Bacaleg tersebut tidak memenuhi syarat, sehingga di dapil III PSI tidak ada Bacaleg yang ditetapkan KPU.

” Meskiput pada awalnya ada tiga Bacaleg tapi dari tiga ini harus ada satu perempuan dan Bacaleg perempuan inilah yang tidak memenuhi syarat. Diatur dalam petunjuk teknis yang mengatakan bahwa apabila terdapat bakal calon yang menyebabkan tidak terpenuhinya jumlah paling sedikit 30 persen keterwakilan perempuan maka Parpol tidak dapat mengajukan bacaleg didapil tersebut. Inilah yang menjadi dasar kami dari pihak penyelenggara teknis menggugurkan tiga Bacaleg di dapil III dari PSI,” tutupnya.

Adapun nama Bacaleg dari PSI yang digugurkan yakni M. Nur Irfan, Muhammad Iqbal dan Murni M. N. (*)


div>