JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

KPU Lutim akan Hadirkan 6 Pakar Dalam Debat Kandidat

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 15 September 2015 16:11

MALILI, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur (Lutim), akan menghadirkan enam pakar dari akademisi dalam Debat Kandidat Calon Bupati dan wakil bupati Lutim. Keenam pakar diharapkan dapat menciptakan debat kandidat yang berkualitas.

Hal itu dikatakan Wahyuddin Al Kadri, Komisioner KPU Lutim yang membidangi Devisi Kampanye. Dia mengatakan, enam pakar yang akan dihadirkan nantinya, akan membuat pertanyaan. Selain itu, mereka akan menanggapi jawaban dari masing-masing kandidat calon bupati dan calon bupati sesuai basic disiplin keilmuan yang dimiliki masing-masing pakar.

Menurut Wahyuddin, enam pakar yang diundang masing-masing adalah Prof Dr Laode Husain (Hukum), Prof Hamid Paddu (Ekonomi), Ir. Bahrianto Bachtiar (Perikanan, Kelautan, Pertanian dan Lingkungan Hidup), Husaima Husain (Pemberdayaan Masyarakat dan Kesetaraan Gender), Alwi Rahman (Pendidikan dan Kesehjahreaan Masyarakat) dan Baharuddin Solongi (Sosial Politik dan Pemerintahan).

“Mereka enam orang inilah yang akan menguji kecakapan keilmuan yang dimiliki oleh masing- masing pasangan calon bupati Lutim yang memiliki mimpi untuk menjadi bupati di Lutim lewat Pilkada 9 Desember tahun ini,” ungkap Wahyuddin, Selasa (15/9).

Lebih lanjut dikatakan, setiap pakar akan membuat pertanyaan untuk diajukan kepada masing-masing calon sesuai dengan basic keilmuan yang mereka miliki. Sehingga jalannya debat kandidat akan lebih bermakna dan berkualitas.

“Kita sudah putuskan dalam rapat internal KPU untuk menghadirkan para pakar tersebut. Saat ini, kami sedang mengkonfirmasi waktu dan kesediaan setiap pakar dalam menyiapkan materi pertanyaan untuk debat mendatang,” kata Tom, panggilam akrab Wahyuddin Al Kadri.

Dia juga menjelaskan bahwa acara debat kandidat cabup-cawabup Lutim akan dilaksanakan pada bulan November 2015.

“KPU akan menggelar Debat kandidat ini sebanyak tiga Kali, masing-masing pada tanggal 20, 24, dan 28 November 2015. Pelaksanaan Debat Kandidat ini akan dilangsungkan dalam tiga zona, yaitu di Burau menempati Gedung Pertemuan Masyarakat Burau, di Malili menempati Gedung Simpurusiang dan di Sorowako menempati gedung Ontae Luwu,” jelasnya Wahyuddin.

Untuk keperluan Debat Kandidat Cabup-Cawabup Lutim, KPU Lutim menganggarkan dana sebesar Rp 400 juta. Wahyuddin mengatakan, Debat Kandidat Lutim akan berbeda dengan daerah lain, karena akan ditayangkan oleh salah satu TV nasional secara Live.

“Tetapi KPU masih mempelajari proposal penawaran yang sudah masuk saat ini,” jelas Wahyuddin seraya menambahkan bahwa ada beberapa stasiun televisi nasional yang sudah mengajukan penawaran untuk tayang secara live, yaitu Metro TV, TV One, RCTI, dan tv lokal.

Wahyuddin pula mengingatkan agar para calon yang ingin memaparkan visi misinya dalam Debat Kandidat nantinya, tetap mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang yang sudah ditetapkan Pemkab Lutim yang menjadi acuan pembangunan di Lutim.

“Dengan demikian, Visi Misi masing-masing calon tersebut bisa terukur dan lebih jelas,” tandas Wahyuddin.


div>