SENIN , 17 DESEMBER 2018

KPU Lutra Gelar Debat Kandidat Cabup-Cawabup

Reporter:

hur

Editor:

Minggu , 27 September 2015 16:30
KPU Lutra Gelar Debat Kandidat Cabup-Cawabup

Debat kandidat Cabup-Cawabup Lutra yang dipandu Ketua Komisi Informasi Publik Sulawesi Selatan, Azwar Hasan. (Rizal/RakyatSulsel)

LUWU UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar debat kandidat Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Luwu Utara. Pada minggu, (27/9) tampil kedua kandidat yakni, Pasangan nomor urut 1 Indah Putri Indriani-Thahar Rum, serta kandidat nomor urut 2 Arifin Junaidi-Andi Rahim, yang digelar di aula KPU Lutra.

Debat dipandu oleh Ketua Komisi Informasi Publik Sulawesi Selatan, Azwar Hasan. Pada sesi pertama, masing-masing kandidat diberi kesempatan untuk menyampaikan visi-misinya, dilanjutkan dengan sesi saling tanya-jawab di antara kedua pasangan calon.

Dari Pasangan Pintar, Indah Putri Indriani menyampaikan bahwa dalam menyusun visi-misi, dirinya mempertimbangkan hasil-hasil yang telah dicapai oleh bupati dan wakil bupati terpilih selama periode 2005-2010 dan 2010-2015.

Dikatakan, visi misi dibangun dengan berpedoman pada RPJPD kabupaten Luwu Utara 2005-2025 tahap ketiga, dengan arah pembangunan jangka panjang Lutra.

Disebutkan bahwa visi misi difokuskan kepada sasaran untuk terlaksananya pembangunan yang lebih merata, didukung dengan semakin meningkatnya kualitas sumber daya manusia demi terwujudnya perekonomian daerah yang kuat.

“Dengan demikian visi-misi Indah Putri Indriani-Thahar Rum, yaitu Luwu Utara yang religius dengan pembangunan yang berkualitas dan merata yang berlandaskan kearifan lokal,” papar Cabup Pintah, Indah Putri.

Sementara itu, visi-misi Manassa yang dipaparkan Cabup Arifin Junaidi, menjelaskan bahwa penyusunan didasarkan kepada pertama, Regulasi RPJPD jangka panjang 20 tahun, dan selanjutnya melihat kepada kemampuan dan ketersediaan dana sesuai kewenangan yang ada.

“Visi misi saya adalah penguatan perekonomian daerah melalui peningkatan kualitas infrastruktur dan pelayanan publik, untuk mewujudkan maasyarakat yang berdaya saing yang religius dan inovatif berlandaskan kearifan lokal,” papar Cabup Manassa, Arifin Junaidi.

Pada sesi kedua, moderator melontarkan pertanyaan yang sama kepada masing-masing pasangan, yakni program yang akan dilakukan dalam satu tahun pertama jika terpilih. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar kandidat Bupati dan Wakil Bupati. Dalam tanya jawab tersebut, masing-masing kandidat diberi kesempatan menyampaikan pertanyaan kepada lawan debatnya.


div>