JUMAT , 14 DESEMBER 2018

KPU Matangkan Jalur Independen

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 16 September 2017 12:30
KPU Matangkan Jalur Independen

Komisioner KPUD Sulsel Divisi Hukum, Khaerul Mannan. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum daerah (KPUD) Sulsel resmi menetapkan syarat minimal dukungan terhadap figur yang ingin maju di Pilgub Sulsel 2018 mendatang, melalui jalur perseorangan.

Komisioner KPUD Sulsel Divisi Hukum, Khaerul Mannan mengatakan bahwa syarat jumlah minimal dukungan yang mesti dikantongi oleh figur yang ingin maju di Pilgub, yakni sebesar 480.060 dukungan.

Dukungan tersebut dalam bentuk foto kopi KTP elektronik, disertai dengan tanda tangan pernyataan dukungan, serta materai. Jumlah itu berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2014, Pilkada 2015 dan 2017 dari 4,6 juta jiwa penduduk pemilih se-Sulsel.

“Persyaratannya 7,5 persen dari total DPT,” ujar Khaerul pada saat melakukan sosialisasi tatacara pencalonan, bakal pasangan calon perseorangan di kantor KPU Sulsel, Jl Andi Peterani , Jum’at (15/9) kemarin.

Khaerul Mannan menambahkan, dukungan KTP yang dikumpulkan mesti berdasarkan aturan dalam PKPU nomor 1 tahun 2017. Dimana sebaran dukungan mesti separuh plus satu, jumlah total kabupaten yang ada. Atau minimal bersal dari 13 Kabupaten/kota dari 24 Kabupaten/kota di Sulsel.

“Kalau kita di Sulsel, setiap calon perseorangan harus mampu mengmpulkan minimal 480. 060 dukungan dari 13 kabupaten yang ada di Sulawesi selatan,”  terangnya.

Dirinya juga menyebutkan, jika dari 13 kabupaten kota tersebut, tidak ditargetkan berapa jumlah KTP yang mesti dikumpulkan.


div>