RABU , 23 MEI 2018

KPU Mulai Bahas Tahapan Pendaftaran DPD RI, Ini Tahapannya

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Rabu , 28 Maret 2018 11:58
KPU Mulai Bahas Tahapan Pendaftaran DPD RI, Ini Tahapannya

Sosialisasi penyerahan syarat dukungan dan penggunaan program aplikasi sistem informasi perseorangan peserta pemilu (SIPP) bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sulsel di Pemilu 2019 di Kantor KPU Sulsel, Rabu (28/3). Foto: Suryadi/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Proses tahapan pemilu 2019 telah dimulai. Ada beberapa tahapan penting yang akan dilakukan oleh KPU Provinsi, salah satunya yakni tahapan pendaftaran calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Pendaftran calon anggota DPD berbeda dengan calon legislatif, karena calon DPD harus menyetor bukti dukungan dari rakyat.

Komisioner KPU Sulsel, Khairul Mannan menuturkan, syarat dukungan DPD RI sama sepeti tahun lalu. Hanya saja, yang berbeda saat ini pendaftaran melalui aplikasi Sistem informasi perseorangan peserta pemilu (SIPPP) dan dukungan perorangan harus e-KTP.

“Aturan regulasi syarat dan jumlah dukungan sama seperti dulu. Sekarang hanya lewat online dan e-KTP,” ujarnya saat Sosialisasi penyerahan syarat dukungan dan penggunaan program aplikasi sistem informasi perseorangan peserta pemilu (SIPP) bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sulsel di Pemilu 2019 di Kantor KPU Sulsel, Rabu (28/3).

Menurutnya, dari aplikasi SIPP ini dapat memudahkan kerja KPU dalam memverifikasi dukungan, misalnya mendeteksi dukungan ganda. Selain itu, aplikasi SIPPP ini, calon dapat melakukan registrasi pendaftaran dan mengupload dukungan e KTP serta dapat melakukan penelitian data dukungan, penelitian DP4 dan DPT.

“Berdasarkan jadwal tahapan PKPU tanggal 22-26 April penyerahan dukungan ke KPU. Sedangkan pendaftaran mulai tanggal 9-11 Juli 2018,” tuturnya.

Khairul menambahkan, dukungan minimal menjadi anggota DPD RI adalah memenuhi syarat minimal 3000 e-KTP dan sebaran jumlah 50 persen yang tersebar di 12 kabupaten/kota se-Sulsel.

“Syarat dalam bentuk daftar dukungan atau dilengkapi cap jempol dilampirkan e-KTP atau surat keterangan (Suket), dikelompokkan berdasarkan kecamatan, kabupaten/kota dan dilengkapi meterai. Kalau memenuhi syarat minimal 3000, dan sebaran jumlah 50 persen dari 12 Kabupaten. Dukungan berdasarkan kolektif kecamatan dan Kabupaten, menggunakan formolir F1 DPD dan lampirannya,” jelasnya. (*)


div>