SELASA , 12 DESEMBER 2017

KPU Parepare Butuh 2.700 Petugas TPS

Reporter:

Editor:

niar

Jumat , 08 Desember 2017 16:21
KPU Parepare Butuh 2.700 Petugas TPS

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Sebanyak 300 titik yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parepare sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada 27 Juni 2018 mendatang.

Sedikitnya, dari 300 TPS itu, KPU Parepare membutuhkan sekira 2.700 Petugas, masing-masing tujuh orang penyelenggara di setiap TPS untuk menyukseskan Pilkada.

Ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiyah mengatakan, jumlah tersebut dianggap ideal untuk menampung seluruh pemilih nanti, meskipun nantinya ada penambahan sebanyak 1000 pemilih. Di mana, kata dia, sebelumnya pihaknya merencanakan sebanyak 325 TPS pada saat pengajuan anggaran.

“Dengan kondisi demikian, dibutuhkan sekitar 2.700 orang petugas TPS, di mana tiap TPS akan melibatkan tujuh orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan dua petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas),” ujar Nur Nahdiyah, Jum’at (08/12/2017).

Untuk setiap TPS kata dia, idealnya dapat menampung 450 pemilih. Selain itu, akan diupayakan TPS dapat lebih mudah dijangkau oleh masyarakat, supaya partisipasi pemilih bisa meningkat.

“Jadi, kami masih melakukan pemetaan terkait letak TPS yang nantinya. Karena, ada beberapa titik TPS yang dirombak dikarenakan sebaran jumlah pemilih,” jelasnya.

Sementara, Komisioner Komisi Pemilihan Umum KPU Kota Parepare Divisi Program dan Data, Abdullah menerangkan, pihaknya telah melakukan simulasi pemetaan titik TPS, pada empat Kecamatan yang ada di Parepare.

“Kecamatan Soreang sebanyak 102 TPS, Kecamatan Bacukiki Barat 92 TPS, Kecamatan Ujung sebanyak 70 TPS, dan Kecamatan Bacukiki sebanyak 36 TPS. Tetapi, angka tersebut akan kami sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing Kecamatan,” pungkasnya. (Nia)


div>