KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

KPU Parepare Sosialisasikan Aturan Pemilu 2019 Lewat Media Gathering

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Rabu , 24 Oktober 2018 18:46
KPU Parepare Sosialisasikan Aturan Pemilu 2019 Lewat Media Gathering

int

PAREPARE, RAKSUL. COM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menyosialisasikan sejumlah aturan Pemilu 2019. Sosialisasi itu disampaikan dalam kegiatan Media Gathering bersama sejumlah awak media, baik online, cetak, maupun elektronik yang digelar di Teras Empang, Rabu, (24/10/2018).

Ketua KPU Parepare, Nur Nahdiyah, mengatakan, Media Gathering tersebut bertujuan sebagai wadah informasi kepada pengurus partai politik (parpol) dalam kaitan pelaksanaan Pemilu 2019.

“Secara detail akan dijabarkan dalam kegiatan Media Gathering terkait informasi pelaksanaan Pemilu 2019,” ujar Nur Nahdiyah.

Sementara, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Hubungan Kelembagaan KPU Parepare, Mursalim Muslimin menguraikan, terdapat lima dasar hukum yang menjadi acuan pelaksanaan Pemilu yang digelar pada 17 April 2019. Selain PKPU, juga undang-undang serta Surat Keputusan KPU-RI.

“Pemilu 2019 sudah memasuki tahapan kampanye, dimulai sejak 23 September hingga 13 April 2019 mendatang,” paparnya.

Olehnya itu, lanjut Mursalim, melalui kegiatan itu, ada beberapa hal yang harus diteruskan kepada pihak parpol agar tidak terjadi pelanggaran.

“Pengadaan alat peraga kampanye (APK) dan iklan kampanye itu difasilitasi negara oleh KPU sebagai pelaksana yang dianggarkan tahun depan melalui APBN,” jelas Mursalim.

Adapun yang perlu diperhatikan pada pemasangan alat peraga seperti baliho parpol dan lainnya, lanjut Mursalim lagi, adalah memuat citra diri partai politik (partai, nomor urut, nama).

“Setiap partai politik, masing-masing 10 baliho dan 16 spanduk dikali jumlah parpol di Parepare dan itu semua difasilitasi oleh negara melalui KPU,” terang Mursalim. (MP1)


div>