JUMAT , 20 JULI 2018

KPU – Polres Palopo Mulai Koordinasi

Reporter:

Editor:

Nunu

Kamis , 15 Juni 2017 11:58
KPU – Polres Palopo Mulai Koordinasi

int KOORDINASI. Jajaran Polres dan KPU Palopo berfoto bersama usai menggelar rapat koordinasi pelaksanaan Pilwalkot Palopo di ruang data Mapolres Palopo, Selasa (13/6).

PALOPO,RAKYATSULSEL.COM — Seluruh pemangku kepentingan menegaskan kesiapan dalam mewujudkan pelaksanaan Pilwalkot Palopo 2018 dengan aman dan damai. Hal tersebut ditegaskan dalam rapat koordinasi pelaksanaan Pilwalkot di ruang data Mapolres Palopo, yang juga dihadiri jajaran KPU, Selasa (13/6).
Ketua KPU Palopo, Haedar Djidar, mengatakan, kehadirannya di Polres Palopo, merupakan koordinasi KPU dan pihak Polres sejak dini. Kata dia, dalam tatap muka itu, berbagai macam hal disampaikan kepada kapolres. “Kita sampaikan bahwa kondisi kita saat ini, mulai tanggal 14 Juni 2017, kita sudah masuk tahapan. Dilanjutkan di bulan Agustus sudah masuk tahapan-tahapan teknis,” kata Haedar.
Lanjutnya, tahapan-tahapan teknis, maksud dia, mulai dari pemutahiran data sampai ke jalur perseorangan, kemudian masuk ke jalur partai politik. Selanjutnya, masuk kampanye, dan seterusnya. “Kita sampaikan ke kapolres kalau kondisi KPU saat ini sudah siap. Baik secara mental maupun kelembagaan sudah siap untuk masuk tahapan pilkada serentak 2018,” terangnya.
Pihaknya berharap sukses pilkada kedepan tidak hanya sekadar penyelenggara yang sukses, tetapi bagaimana pihak kepolisian, pemerintah dan wartawan mendukung proses jalannya tahapan ”Kita diterima secara kelembagaan dengan nuansa kekeluargaan. Kapolres juga menyampaikan bahwa dia juga siap antisipasi. Sudah ada trik-trik mengamankan pilkada serentak,” ucapnya.
Ia juga mengatakan, diadakannya audience, tujuannya agar pilkada 2018 nanti, dikawal sedemikian rupa oleh Polres Palopo. Sehingga pilkada aman dan damai bisa terwujud. “Bahkan komitmen beliau, kalau dikawal sekarang juga bisa,” tambahnya.
Di tempat yang sama, Kapolres Palopo, AKBP Taswin SIk menyampaikan bahwa audience selama setengah jam tersebut, KPU dan Polres Palopo silaturahmi untuk saling kenal satu dengan yang lain. “Kita sudah siap mengamankan pilkada 2018,” tegasnya.
Bahkan, ke depannya nanti, dilakukan latihan gabungan bersama instansi terkait. “Mulai sekarang, langkah pengamanan pilkada sudah kita lakukan. Mulai dari pendekatan ke masyarakat, patroli rutin, dan imbauan masyarakat soal kamtibmas,” sebutnya. (*)


Tag
div>