KAMIS , 21 JUNI 2018

KPU Selayar Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2019

Reporter:

Ucok

Editor:

Lukman

Jumat , 02 Februari 2018 20:30
KPU Selayar Verifikasi Faktual Parpol Peserta Pemilu 2019

KPU Kabupaten Selayar, saat melaksanakan verifikasi faktual, Partai Politik (parpol), calon peserta pemilu 2019.

SELAYAR, RAKYATSULSEL.COM – KPU Kabupaten Selayar, melaksanakan verifikasi faktual, terhadap enam Partai Politik (parpol), calon peserta pemilu 2019.

Kenam partai yang menjalani verifikasi faktual di hari pertama ini yakni Partai NasDem, Gerindra, Golkar, PKB, PPP dan PKS.

Saat verifikasi faktual oleh KPU di Kantor DPC Gerindra Selayar dihadiri oleh Ketua DPC Partai Gerindra Selayar, Muh Aris Ridwan bersama pengurus lainnya, diantaranya Sekretaris Zubair Natsir dan Legislator Partai Gerindra Selayar, bersama ratusan pengurus dari seluruh tingkatan di daerah.

Komisioner KPU Selayar, Masmulyadi mengatakan verifikasi dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 30 Januari sampai 1 Februari 2018.

Sebagaimana ketentuan PKPU No 6 tahun 2018 tentang pendaftaran, verifikasi dan penerapan partai politik peserta pemilihan umum anggota DPR dan DPRD.

Dia menjelaskan bahwa verifikasi parpol pasca keputusam Mahkamah Konstitusi (MK) dilakukan terhadap semua partai politik baik yang lama dan yang baru. Dan yang diverifikasi yaitu pengurus inti ketua, sekertaris dan bendahara.

“Memperhatikan keterwakilan perempuan 30 persen, domisili kantor partai politik dan keanggotaan yaitu 1000 atau 1/1000 dari jumlah penduduk,” jelasnya.

“Khusus keanggotaan bagi partai politik menyerahkan anggota sampai dengan 100 diambil sampel 10 persen dan parpol menyerahkan anggota lebih dari 100 diambil sampel 5 persen,” tambahnya.
Hasil verifikasi faktual KPU Kepulauan Selayar terhadap keseluruhan Partai Politik akan diumumkan setelah rapat pleno KPU. (*)


div>