RABU , 21 NOVEMBER 2018

KPU Siapkan Desain Baru Kotak Suara

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Rabu , 02 Agustus 2017 00:17
KPU Siapkan Desain Baru Kotak Suara

ilustrasi

RAKYATSULSEL.COM. Komisi Pemilihan Umum mengaku sedang menyiapkan desain kotak suara model transparan sebagaimana diamanatkan undang-undang.

Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, setidaknya ada tiga desain kotak suara yang tengah dibahas KPU dan memenuhi standar transparan.

“Seperti kaleng krupuk yang salah satu sisinya ada kacanya,” ujar Arief di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta (Selasa, 1/8).

Menurutnya, model kotak suara transparan yang dimaksud adalah perlengkapan kotak suara harus bersifat isi didalamnya bisa terlihat dari luar.

Arief mengatakan, salah satu desain kotak suara pada keempat sisinya menggunakan bahan transparan. Dengan harapan dapat dilihat dari berbagai arah.

“Seperti kontainer plastik. Jadi, dari seluruh sisi (menggunakan) plastik mika sehingga bisa terlihat,” jelasnya.

Desain lain adalah memodifikasi ulang kotak suara yang sudah ada saat ini. Di mana, salah satu sisinya diubah menjadi dapat terlihat dari luar.

“Jadi formulanya masih banyak. Kita terus kaji mana yang paling memenuhi prinsip efektif dan efisien,” demikian Arief.

Adapun, upaya tersebut sebagai tindak lanjut dari pasal 341 ayat 1 huruf a Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu yang mengamanatkan KPU menyediakan kotak suara transparan. Kotak suara disediakan di setiap Tempat Pemungutan Suara pada saat pemungutan suara. [wah/rmol]


div>