JUMAT , 14 DESEMBER 2018

KPU Torut dan Parpol Sepakati Aturan APK

Reporter:

Editor:

Iskanto

Rabu , 26 September 2018 16:56
KPU Torut dan Parpol Sepakati Aturan APK

Rapat koordinasi penambahan APK oleh partai politik peserta pemilu tahun 2019 di kantor KPU Torut

TORAJAUTARA, RAKYATSULSEL.COM – Sebanyak 12 Partai Politik (Parpol) yang ada di Toraja Utara menyepakati ukuran Alat Peraga Kampaye (APK). Khusus baliho yang akan dibuat oleh parpol berukuran maksimal 4 x7 meter dan untuk spanduk ukuran maksimalnya 1,5 x 7 meter.

Hal ini disepakati parpol bersama KPU pada rapat koordinasi penambahan APK oleh peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, dikantor KPU Toraja Utara, Rabu (25/9).

Dalam kesempatan itu Ketua KPU Torut Bonnie Freedom mengatakan, bahwa sesuai yang diatur dalam PKPU Calon Legislatif (Caleg) tidak lagi diperbolehkan membuat baliho sendiri. Yang diperbolehkan adalah partai politik yang membuat APK khusus baliho.

Lebih lanjut dijelaskan Bonnie bahwa, baliho yang dibuat parpol itu harus memuat semua calon yang ada dengan memperhatikan asas keadilan. Tidak boleh ada foto atau nama dicetak dengan ukuran lain, dan untuk biaya ditanggung sendiri oleh parpol. Namun sebelum dicetak desainnya harus di cek KPU dan Bawaslu terlebih dahulu.

“APK maksimal 5 baliho dibuat parpol per keluharahan/lembang dan untuk spanduk maksimal 10 per kelurahan/lembang sementara untuk bahan kampaye tidak dibatasi. Tidak boleh ada partai yang buat lebih dari itu. Untuk APK yang dibuat oleh KPU ukurannya 2×3 meter dan hanya 2/dapil,” terangnya. (*)


Tag
div>