RABU , 19 SEPTEMBER 2018

KPU Wajo Launching Rumah Pintar

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 07 April 2017 15:29
KPU Wajo Launching Rumah Pintar

Suasana peresmian program Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Gedung KPU Jl Bau Mahmud Sengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Jumat (7/4). foto: abd muis/rakyatsulsel.

WAJO, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Wajo meresmikan Program Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Gedung KPU Jl Bau Mahmud Sengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Jumat (7/4).

Peresmian pemanfaatan RPP dilakukan langsung Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulsel Khaerul Mannan ditandai dengan pemotongan pita Gedung Bola Macca, didampingi Ketua KPU Wajo Andi Nurwana, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo Firdaus Parkesi.

Ketua KPUD Wajo, Andi Nurwana, mengatakan, tujuan utama dari Rumah Pintar Pemilu adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih, baik itu secara kualitatif maupun secara kuantitatif, dari secara keseluruhan semua proses pemilu.

“Dan semoga dengan adanya RPP dapat menjadi sumber informasi perpemiluan, dapat mengedukasi para pemilih tentang pentingnya pemilu. Meski terbilang minim tapi masih dapat dipergunakan semaksimal mungkin,” katanya.

Sementara, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sulsel, Khaerul Mannan, mengungkapkan, dari 24 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulsel hanya ada 15 KPUD yang mendapatkan kucuran anggaran yang bersumber dari KPU RI melalui APBN tahun 2017.

“Rumah Pintar Pemilu merupakan program KPU RI yang kemudian diintegrasikan ke daerah daerah yang ditunjuk, sebagai pusat informasi pemilu dan menjadi sarana edukasi politik kepada masyarakat,” katanya.

Khaerul menambahkan, ada empat poin penting yang mengisi tiap RPP, yakni informasi pemilu dalam bentuk audio visual, alat peraga pemilu dan kegiatan diskusi serta ada ruas simulasi kepemiluan.

“Namun apa yang telah digagas ini, tidak akan berhasil, kalau tidak ada partisipasi, dukungan dari semua unsur elemen masyarakat itu sendiri,” kuncinya. (***)


div>