RABU , 14 NOVEMBER 2018

KPU Waspadai Keterlambatan Distribusi Logistik

Reporter:

Fahrullah

Editor:

Iskanto

Selasa , 06 November 2018 08:20
KPU Waspadai Keterlambatan Distribusi Logistik

Petugas membawa kotak suara yang berisi logistik pemilu. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel mulai meminimalisir keterlambatan distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sulsel, Fatmawati Rahim mengatakan, keterlambatan distribusi logistik perlu diwaspadai karena bisa berdampak pada proses jelannya Pemilu.

Hal itu diungkapkan Fatmawati Rahim saat rapat koordinasi dengan seluruh KPU 24 kabupaten/kota di Sulsel, di Sekretariat KPU Sulsel, Jalan AP Pettarani, Senin (5/11).

“Pembahasan ini sangat penting untuk mengantisipasi kerawanan jelang Pemilu, termasuk keterlambatan logistik,” ujarnya.

“Kita mengidentifikasi, memetakan kerawanan apa saja yang bisa terjadi saat pemungutan suara nanti. Sehingga, bisa mendeteksi instrumen apa yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kerawanan itu,” tambah Fatmawati.

Menurut Fatmawati cara mendeteksi kerawanan itu masih berdasarkan fakta yang terjadi pada Pemilu sebelumnya. Misalnya, keterlambatan distribusi logistik.
“Terutama untuk daerah-daerah yang memiliki medan sulit, seperti wilayah Luwu Raya, dan daerah kepulauan yang meliputi Kabupaten Pangkep dan Selayar,” jelasnya.

“Butuh persiapan dari awal, koordinasi dengan pemerintah, supaya tidak ada problem. Termasuk, persoalan kotak dan bilik suara yang sekarang ini beda dari sebelumnya. Ini yang menjadi kajian teman-teman (KPU),” pungkasnya. (*)


div>