MINGGU , 22 JULI 2018

KPUD Ngobrol Politik Bareng IJW

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 12 Januari 2016 16:31

WAJO, RAKYATSULSEL.COM – Ikatan Jurnalis Wajo (IJW) bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Wajo, menggelar diskusi publik dengan tema ngobrol politik (Ngopi), di Warkop Desi Jalan Jenderal Sudirman, Sengkang, Senin malam (11/1).

Kegiatan yang mengambil tema road to Pilkada 2018, menampilkan pembicara dari KPUD Wajo yang diwakili oleh Ketua KPUD Wajo Andi Nurwana, dan Akademisi yang juga, mantan Ketua Pengawas Pemilu Kabupaten Wajo Andi Bau Mallarangeng dengan dipandu moderator Dian Suhardiman.

Dalam kesempatan diskusi tersebut, Ketua KPUD Wajo A Nurwana mengatakan, syarat pasangan calon (sesuai putusan MK) terkait dinasti politik, mantan narapidana, mundur sejak ditetapkan sebagai pasangan calon yang MS oleh KPU bagi anggota DPR, DPD, dan DPRD, anggota TNI, Polri, PNS, pejabat BUMN/BUMD. Isu lainnya, kata Nurwana, yaitu syarat dukungan perseorangan, syarat perolehan kursi atau perolehan suara sah bagi pasangan calon yang diusung oleh partai politik dan gabungan partai politik, fenomena calon tunggal, larangan mahar politik dalam pencalonan, Fasilitasi debat publik/debat terbuka antar pasangan calon, bahan kampanye, alat peraga kampanye, dan iklan kampanye pasangan calon oleh KPU Kabupaten/Kota yang didanai dari APBD.

“Saat ini, kami terkonsentrasi pada pemilukada 2018, dan fokus mengikuti perkembangan regulasi pemilu karena akan banyak perubahan pelaksanaan serta hirarki dari pemilukada sebelumnya seperti ketentuan yang bersifat ad hoc terkait anggota PPK, PPS, dan KPPS yang diatur dalam PKPU No.3/2015, pasal 18 huruf k,” jelasnya.

Salah seorang peserta diskusi yang juga merupakan sekretaris Golkar Wajo, H Norman Dai Basri mengaku mengapresiasi apa yang dilakukan IJW dengan mempelopori diskusi publik. “Ini bukan ngobrol politik, tapi ini adalah pendidikan politik yang seharusnya dilaksanakan oleh partai politik, dan saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan IJW dengan memprakarsai kegiatan ini,” katanya.


Tag
  • pilkada wajo
  •  
    div>