RABU , 13 DESEMBER 2017

KPUD Sinjai Gelar Sosialisasi PKPU dan Uji Publik PPK

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 25 Oktober 2017 16:00
KPUD Sinjai Gelar Sosialisasi PKPU dan Uji Publik PPK

KPUD Sinjai menggelar Sosialisasi PKPU No 3 Tahun 2015 dan PKPU No 12 Tahun 2017, Rabu (25/10). Foto: Syamsuddin/RakyatSulsel

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum Daerah Daerah (KPUD) Kabupaten Sinjai menggelar Sosialisasi PKPU No 3 Tahun 2015 dan PKPU No 12 Tahun 2017, Rabu (25/10).

Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua KPU Sinjai dan Komisioner, Panwas, Unsur Pemerintah, LSM, serta Organisasi Kemahasiswaan ini dirangkaikan dengan Uji Publik Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Sinjai.

Ketua KPU Sinjai, Muh Arsal Arifin menyampaikan bahwa sosialisasi ini terkait dengan tata kerja penyelenggara Ad Hoc PPK dan PPS.

“Sosialisasi dan uji publik ini merupakan salah satu bentuk transparansi kita dalam perekrutan PPK,” ujarnya.

Sementara itu, Divisi Hukum KPUD Sinjai Muh Ridwan menuturkan, kewenangan KPUD bersifat distributif yang dalam artian bisa membuat aturan PKPU. Peraturan KPUD itu sangat kuat dan siapapun tidak bisa mengintervensi.

“Adapun PKPU no 3 Tahun 2015 ini mengatur tentang perekrutan PPK dan PPS namun karena melihat perkembangan SDM saat ini, terbitlah PKPU No 12 Tahun 2017 yang mengatur tentang PPK dan PPS bisa umur 17 Tahun. Dan Jika dulu PPS melalui Kepala Desa namun dengan terbitnya PKPU No 12 Tahun 2017, PPS tidak lagi melalui rekomendasi Kepala Desa, akan tetapi langsung melakukan pendaftaran di KPU Kabupaten,” jelasnya. (*)


Tag
  • kpud sinjai
  •  
    div>