RABU , 19 DESEMBER 2018

KPUD Torut Gelar Diskusi Publik

Reporter:

hur

Editor:

Selasa , 29 September 2015 17:50

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Untuk menyatukan presepsi dan pemahaman terkait data pemilih serta klarifikasi terkait data pemilih sementara (DPS) yang ada sebelum ditetapkan. Dibutuhkan masukan dari pihak terkait untuk menghindari persoalan di kemudian hari.

Demikian diungkapkan Ketua KPUD Toraja Utara, Merry Parura pada acara diskusi publik, terkait data pemilih menjelang penetapan daftar pemilih tetap (DPT), Selasa (29/9).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa selama ini, klarifikasi dari masyarakat, dominan di tingkat PPK dan PPS. Merry mengatakan, rekap tingkat kecamatan di PPK, akan dilaksanakan mulai Selasa (29/9). Karenanya, Merry meminta kepada paslon agar segera memberikan informasi kepada tim yang ada di Kecamatan, untuk disampaikan kepada PPK posko masing-masing tim. Terutama karena masih ada beberapa PPK di kecamatan belum mengetahui posko paslon.

Ketua KPUD Torut berharap semua pihak dapat berpartisipasi terkait data pemilih, sebelum ditetapkan. Hal itu dimaksudkan agar hasilnya bisa maksimal, dan agar yang terdaftar di dalam DPT nantinya benar-benar berdomisili di Torut.

Sementara itu, Anggota KPU Sulsel, Faizal Alif yang turut hadir dalam kesempatan itu, mengatakan bahwa masalah DPS selama ini merupakan masalah laten yang ada di setiap pemilihan di Indonesia. Hal itu disebabkan karena sistem data penduduk di Indonesia yang belum maksimal.

Disebutkan bahwa di Indonesia masih ada perbedaan data penduduk karena masih adanya data yang berbeda berdasarkan sektor. Perbedaan data penduduk itu pada akhirnya berpengaruh terhadap data pemilih.

Karena itu, KPU Sulsel menghimbau kepada ke-11 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan pilkada, agar sebelum penetapan DPT, terlebih dahulu melakukan diskusi publik dengan mengundang pihak-pihak yang terkait untuk menghindari konflik di kemudian hari.

“Data pemilih merupakan hal yang paling menyita waktu dalam setiap pemilihan, dan hal ini paling rentan memicu konflik jika tidak dilaksanakan dengan hati-hati,” kunci Faizal.


Tag
  • DPT Torut
  •  
    div>