SENIN , 15 OKTOBER 2018

KSOP Parepare Prediksi Penurunan Penumpang 1,3 Persen

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 19 Desember 2016 13:43
KSOP Parepare Prediksi Penurunan Penumpang 1,3 Persen

Kepala KSOP Parepare, Stanislaus Wembly Wetik. foto: luki amima/rakyatsulsel.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare menyiapkan posko di Pelabuhan Nusantara dan Pelabuhan Cappa Ujung Parepare.

Kepala KSOP Parepare, Stanislaus Wembly Wetik, mengatakan, pihaknya melakukan uji petik dan ram cek terhadap delapan kapal swasta yang beroperasi di pelabuhan. “Kecuali kapal pelni karena diperiksa di Makassar,” katanya, Senin (19/12/2016).

Dia menjelaskan, kondisi penumpang jelang Natal dan Tahun Baru, diprediksi tidak mengalami lonjakan. Namun, kata dia, pihaknya juga melakukan antisipasi untuk mengatasi jika terjadi peningkatan jumlah penumpang.

“Kami memprediksi penurunan sebesar 1,3 persen dari tahun lalu, dengan jumlah penumpang sekitar 39-41 ribu orang,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, jumlah barang yang diangkut, lanjut dia, juga semakin berkurang. “Dikarenakan faktor penumpang yang merayakan khususnya hari Natal, mungkin sebagain besar memilih jalur pesawat,” ujarnya.

Dia menghimbau, calon penumpang yang akan mudik, untuk membeli tiket jauh hari sebelumnya. Karena, kata dia, harga tiket masih stabil dan tidak mengalami kenaikan. “Kami juga berharap kepada calon penumpang untuk tetap waspada dalam perjalanan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Sub Bagian Tata Usaha KSOP Parepare, Taufiq Bulu, mengatakan, jumlah penumpang untuk tahun 2016 sejak Januari hingga Desember, rata-rata mencapai 40 ribu orang.

“Jadi memang tidak diprediksi kenaikan penumpang, karena tahun-tahun sebelumnya untuk perayaan Natal dan Tahun Baru, penumpang cenderung stabil,” jelasnya. (***)


div>