SABTU , 20 OKTOBER 2018

Kuliah Umum di UNASMAN, Prof Agustan: Ini Era Kompleksitas

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 14 September 2015 11:35

POLMAN, RAKYATSULSEL.COM – Guru Besar Sosiologi PPs-UNM, Prof.Dr.Andi Agustang, M.Si, Senin (14/9) pagi ini memberikan kuliah umum selaku dosen tamu di jajaran civitas akademika Universitas Al Asyariah Mandar (UNASMAN) Polman Sulawesi Barat.

Dalam kuliah umum di kampus Unasman, Agustang membawakan pokok pikiran bertema ‘Menata Era Kompleksitas dalam Bingkai Ilmu Pengetahuan’.

Menurutnya, era kompleksitas adalah kondisi di mana tatanan meng-ada sebagai pertemuan antara keteraturan dan kekacauan. Setiap komponen atau individu memiliki identitas dan otonomi untuk bereaksi dalam proses interkoneksitasnya satu sama lain.

“Inilah era kekacauan,” jelas Agustang. Dikatakan, era di mana perubahan pada tatanan tidak terprediksikan, berjalan dalam prinsip non-linearitas. Di tengah kompleksitas dan kekacauan itu, tatanan, dapat memelihara eksistensinya bila mampu berswatata sedemikian rupa sehingga dapat beradaptasi kreatif dengan perubahan, mampu bersesuai dengan spirit zaman, tegas mantan Ketua Prodi S2 IPS PPs-UNM ini.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unasman, Dra.Hj.Chuduriah Sahabuddin, M.Si mengatakan, peserta kuliah umum adalah mahasiswa baru 2015, mahasiswa lama serta dosen dan pegawai kampus.

“Kuliah umum menjadi kegiatan rutin dilaksanakan terutama menyambut mahasiswa baru serta memberi pencerahan bagi civitas akademika Unasman dalam menjalani proses pembelajaran setiap saat,” kata Rektor Chuduriah, yang didampingi panitia pelaksana kuliah umum, Ahmad al Yakin, S.Ag, M.Pd.


Tag
  • Kuliah Umum
  •  
    div>