SENIN , 22 OKTOBER 2018

Kulo Jadi Kecamatan ODF Kedua di Sidrap

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 05 Desember 2016 12:57
Kulo Jadi Kecamatan ODF Kedua di Sidrap

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap, dr HA Irwansyah, foto: hamsah/rakyatsulsel.

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Jika tidak ada halangan, Rabu (7/12/2016) mendatang, Kecamatan Kulo akan menjadi kecamatan Open Defecation Free (ODF) kedua di Kabupaten Sidrap, menyusul Kecamatan Baranti yang telah lebih dahulu di deklarasikan tahun 2015 lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap, dr HA Irwansyah, menjelaskan, deklarasi Kecamatan Kulo menjadi Kecamatan ODF dilakukan setelah sukses mendeklarasikan Kecamatan Baranti sebagai Kecamatan ODF pertama di Provinsi Sulsel.

“Saat kita deklarasikan Baranti sebagai Kecamatan ODF kita menjadi kecamatan pertama mendeklarasikan kecamatan ODF,” jelasnya, Senin (5/12).

ODF atau yang lebih dikenal dengan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), lanjut Irwnasyah, merupakan salah satu indikator keberhasilan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Untuk mewujudkan STBM itu, lanjut dia, setidaknya ada lima pilar yang harus diupayakan pemerintah dan masyarakat yakni Stop BABS, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makananan Rumah Tangga, Pengamanan sampah Rumah Tangga, dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

“Acara deklarasi akan dilaksanakan di Kecamatan Kulo dan akan dipimpin Camat Kulo, Faradillah Bakri,” kata Irwansyah.

Acara itu akan dihadiri Ketua Forum Kabupaten Sehat, Hj Fatmawati Rusdi yang dalam kegiatan itu juga akan menyerahkan penghargaan kepada camat dan kepala desa selaku Pembina Pokja kecamatan dan desa sehat.

“Mereka diberikan pernghargaan atas kesuksesannya mengantarkan desa dan kecamatan Kulo menjadi Kecamtan ODF,” terangnya.

Dengan dideklarasikannya Kecamatan Kulo sebagai Kecamatan ODF nantinya, maka Kulo menjadi Kecamatan ODF ke lima Sulsel. “Ini sebuah prestasi yang akan terus kita pertahankan,” katanya. (***)


div>