SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Kuota KIS Terbatas, Lurah Tumampua Minta Warga Bersabar

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Sabtu , 08 September 2018 07:30
Kuota KIS Terbatas, Lurah Tumampua Minta Warga Bersabar

Kepala Kelurahan Tumampua, Kecamatan Pangkajene, Yudhistira Natsir, berbicara dihadapan warganya, beberapa waktu lalu.

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Kelurahan Tumampua, Kecamatan Pangkajene, Yudhistira Natsir meminta warga untuk bersabar terkait penerbitan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Pria yang akrab disapa Yudhi tersebut menjelaskan bahwa terbatasnya kuota untuk pihak kelurahan menjadi alasan utama lambannya penerbitan KIS di wilayahnya.

“Kami minta warga bersabar, kuota kelurahan sendiri terbatas, bahkan keseluruhan di kabupaten Pangkep, hanya mendapat jatah kurang lebih 8000 peserta”, jelas Yudhi, Jumat (7/9) malam.

Akibat keterbatasan kuota tersebut, saat ini berkas permohonan peserta KIS milik warga menumpuk di kantornya. Bahkan berkas yang sebelumnya sudah diajukan ke Dinas Sosial Kabupaten Pangkep untuk diverifikasi, harus di kembalikan. Lantaran pihak Dinas Sosial khawatir berkas milik warga tersebut tercecer.

“Sekarang ada puluhan berkas KIS warga menumpuk, itu semua dari Dinas Sosial, sudah diverifikasi, dinas sendiri takut berkas warga tercecer, makanya dikembalikan ke kami”, ungkapnya.

Sejak menjabat Kepala Kelurahan Tumampua, Yudhi mengaku sudah dua kali mengusulkan berkas KIS milik warganya. Bahkan diakui berkas yang diusulkan tahun ini, lebih banyak ditolak dibanding yang disetujui.

“Pernah saya usulkan 300 orang, namun yang disetujui hanya 70 orang, dan terakhir saya usulkan 100 orang, malah yang disetujui dan terbit kartu KISnya hanya dua orang,” terangnya.

Meski demikian Yudhi berjanji akan kembali mengusulkan ke Dinas Sosial apabila kuota untuk peserta KIS sudah lowong kembali. (*)


div>