RABU , 17 OKTOBER 2018

Kwarcab Pramuka Kota Makassar Siap Ciptakan 10 Ribu Pramuka Garuda

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

Ridwan Lallo

Jumat , 27 April 2018 23:30
Kwarcab Pramuka Kota Makassar Siap Ciptakan 10 Ribu Pramuka Garuda

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Makassar, Ibrahim Saleh saat menggelar program pencapaian Pramuka Garuda yang diselenggarakan di Baruga Kwarcab, Jalan Sultan Hasanauddin, Taman Segitga Kota Makassar, Jumat (27/4).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kwartir cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Makassar menggelar program pencapaian Pramuka Garuda yang diselenggarakan di Baruga Kwarcab, Jalan Sultan Hasanauddin, Taman Segitga Kota Makassar, Jumat (27/4).

Program pencapaian itu digelar berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 038 tahun 2017 yang ditanda tangani Ketua Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault tentang penyelenggaraan program pencapaian Pramuka Garuda.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Makassar, Ibrahim Saleh mengatakan, Pramuka Garuda adalah anggota pramuka elit yang mempunyai kemampuan khusus diantara pramuka lainnya.

Menurutnya, pogram pencapaian Pramuka Garuda yang diselenggarakan adalah untuk memberikan bimbingan kepada anggota pramuka muda dalam mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi dijenjang pendidikan kepramukaan, baik pada jenjang pramuka penggalang dan pramuka pandega menjadi Pramuka Garuda.

“Merupakan kebanggaan kalian terpilih sebagai Pramuka Garuda, karena Pramuka Garuda adalah pramuka elite yang mempunyai kemampuan dan keahlian khusus diatas rata-rata pramuka lainnya yang siap melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan dimana saja diseluruh Indonesia,” ucapnya.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Ibe ini menyampaikan, sebagai Ketua Kwarcab Kota Makassar, ia siap mensukseskan instruksi ketua kwarnas untuk menciptakan 10 ribu Pramuka Garuda di Sulsel khususnya di Kota Makassar.

“Menindak lanjuti keputusan Kwarnas tersebut, Kwarcab Kota Makassar siap untuk menciptakan dan membentuk 10 ribu Pramuka Garuda di Makassar,” jelasnya.

Sekadar diketahui, program pencapaian Pramuka Garuda ini akan berlangsung selama 4 bulan dengan melaksanakan berbagai kegiatan kepramukaan diantaranya, bakti ramadhan, aksi pramuka peduli, jambore cabang tingkat Kota Makassar, raimuna cabang tingkat Kota Makassar, serta KPN tingkat nasional di Lebak Harjo, Jawa Timur.

Adapun peserta yang mengikuti program pencapaian Pramuka Garuda sebanyak 39 anggota pramuka yang terdiri dari dua perguruan tinggi, delapan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan empat Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP).

Rencananya, pengukuhan serta pelantikan Pramuka Garuda akan dilakukan oleh Gubernur Sulsel dan Wali Kota Makassar, pada peringatan Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2018 di Lapangan Karebosi Makassar. (*)


div>