SELASA , 13 NOVEMBER 2018

La Tunreng Tiga Periode Pimpin Apindo Sulsel

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 28 April 2017 10:34
La Tunreng Tiga Periode Pimpin Apindo Sulsel

ASEP/RAKYATSULSEL/D MUSPROV APINDO SULSEL. Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang didampingi Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto membuka secara resmi Musyawarah Provinsi (Musprov) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel, di Hotel Clarion Makassar, Kamis (27/4).

PENULIS : ABDULLAH RATTINGAN

La Tunreng kembali terpilih secara aklamasi menakhodai Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel periode 2017-2022. Seluruh 24 Dewan Pengurus Kabupaten/Kota (DPK) Apindo se-Sulsel satu suara mendukung La Tunreng melanjutkan kepemimpinannya untuk periode ketiganya ini.

La Tunreng sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi luar biasa kepada seluruh DPK Apindo se-Sulsel.

“Terima kasih atas amanah yang diberikan teman-teman DPK Apindo se-Sulsel yang kembali mengamanahkan saya memimpin Apindo lima tahun ke depan,” terangnya.

La Tunreng yang juga Dewan Pengawas BPJS Kesehatan ini, mengatakan, Apindo adalah organisasi pengusaha yang dituntut berperan dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif dengan berpatokan pada tripartit, yaitu dunia usaha, pekerja, dan pemerintah.

“Tidak dapat dipungkiri selama ini Apindo telah memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan ekonomi Sulsel, namun tantangan ke depan akan semakin kompleks dengan adanya pasar global. Inilah yang akan terus kita kawal. Terutama bermitra dengan pemerintah. Hal ini sejalan dengan tema musprov ‘Meningkatkan Iklim Investasi dan Perlindungan Dunia Usaha untuk Kemajuan Daerah’,” terangnya.

La Tunreng mengatakan, salah satu program utamanya ke depan adalah memberdayakan seluruh DPK Apindo se-Sulsel. “Yang memang sangat perlu diberdayakan adalah teman-teman di daerah. Melalui mereka ekonomi daerah bisa digalakkan dan digairahkan,” jelasnya.

[NEXT-RASUL]

Terpilihnya kembali La Tunreng ini, mendapatkan apresiasi dari sejumlah DPK Apindo. Diantaranya, Ketua DPK Apindo Bulukumba, Amir Bakriyadi. Ia berharap ke depan di bawah kepemimpinan La Tunreng Apindo akan semakin maju. Terutama sektor tripartit.

“Kita ketahui selama ini banyak gebrakan-gebrakan yang dilakukan. Terutama sangat care dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada terjadi pengusaha atau perusahaan dengan karyawannya,” jelas Amir Bakriyadi.

Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) Apindo, Hariyadi Sukamdani, yang melantik pengurus DPP Apindo Sulsel periode 2017-2022, mengatakan, Apindo Sulsel di bawah nakhoda La Tunreng diharapkan mampu lebih berkontribusi dalam pembangunan di Sulsel. Selain itu, melalui musprov ini diharapkan mampu melahirkan program kerja serta pengurus yang solid serta menjadikan organisasi ini lebih profesional dan modern. Hal ini guna mendorong dan menunjang lahirnya pengusaha yang berdaya saing.

“Ke depan tantangan dunia usaha semakin ketat dengan adanya pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Jadi dibutuhkan pengusaha yang berdaya saing. Kita harapkan Apindo mampu menjadi pilar utama ekonomi Indonesia,” terangnya.

Sementara, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, yang membuka secara resmi Musprov VI DPP Apindo Sulsel 2017, mengakui, selama ini peran dunia usaha sudah sangat besar kontribusinya dalam mendukung pembangunan dan ekonomi di Sulsel. Terbukti pertumbuhan ekonomi Sulsel pada 2016 mencapai 7,41 persen atau tumbuh dari 2015 yang hanya 7,15 persen.

“Itu tidak lepas dari peran dunia usaha. Salah satunya rekan-rekan di Apindo Sulsel,” jelasnya.

[NEXT-RASUL]

Agus mengatakan, peran pengusaha membuka agar bagaimana Sulsel menjadi daya tarik. “Pemerintah sendiri siap melayani. Salah satu contoh sistem pelayanan satu atap Pemprov Sulsel terbaik di Indonesia pada penghargaan nasional diterima 2016. Jadi marilah berinvestasi di Sulsel,” terangnya.

Hal senada juga diungkapkan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Menurutnya, Apindo sangat dibutuhkan kekuatannya mendukung pembangunan dan sektor ekonomi. Salah satu contohnya, saat May Day atau Hari Buruh, selalu ada kekuatiran atas dampak dari perayaannya, tetapi dengan adanya peran serta Apindo bekerja sama Pemkot Makassar, maka kondisi yang ada tetap terkendali.

“Apindo sudah sangat-sangat memberikan kontribusi besar, khususnya di Kota Makassar,” jelasnya.

“Dengan prestasi dan kondisi ekonomi di Kota Makassar, maka kebetulan ini di depan para pengusaha saya katakan dan mengajak marilah berinvestasi di Kota Makassar,” tambahnya.

Ketua Kadin Sulsel, HM Zulkarnain Arief, juga mengakui, sejauh ini peran Apindo sudah sangat membantu dalam mendukung perkonomian di Sulsel.

“Selaku Ketua Kadin yang menaungi seluruh asosiasi pengusaha melihat Apindo sudah banyak memberikan kontribusi di Sulsel. Kalau perlu ketua yang ada sekarang tetap dipertahankan. Semoga musprov ini menghasilkan program-program yang sejalan dengan pembangunan ekonomi di Sulsel,” jelasnya. (*)


div>