SENIN , 10 DESEMBER 2018

Lagi, BPJS Kesehatan Kantongi Predikat WTP

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 25 Mei 2017 11:00
Lagi, BPJS Kesehatan Kantongi Predikat WTP

Aflyana Latumakulita, Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan kembali mengantongi predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atau yang disebut saat ini Wajar Tanpa Modifikasian (WTM).

Kepala Kantor BPJS Kesehatan cabang Parepare, Aflyana Latumakulita mengatakan, jika diakumulasi perolehan opini tersebut sudah yang ke-25 kalinya diperoleh berturut-turut apabila dihitung sejak lembaga BPJS Kesehatan masih sebagai PT Askes (Persero).

Katanya, audit yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) merupakan wujud implementasi dari prinsip Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yaitu keterbukaan, kehati-hatian dan akuntabilitas, sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, dan dalam UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial pasal 37 ayat 1.

“Pengelolaan dana dan program selama tahun 2016 telah dilakukan dengan baik, dibuktikan dengan diperolehnya opini WTP dan capaian atas pelaksanaan Good Governance yang diterapkan oleh BPJS Kesehatan,” urainya.

Hasil pengukuran Good Governance BPJS Kesehatan kata Afly, memperoleh penilaian Sangat Baik dan di tahun 2017 terdapat 3 fokus utama yang menjadi landasan dalam menyusun arah dan kebijakan yang akan dijalankan BPJS Kesehatan di tahun 2017, termasuk keberlangsungan finansial, bagaimana menjamin keberlangsungan program JKN menuju cakupan semesta.

‚ÄúPada prinsipnya, kami akan terus melakukan perbaikan yang terus menerus walau hasilnya saat ini sudah di atas total target tahunan yang sudah ditetapkan dalam Annual Management Contract (AMC) dan sebagai modal untuk memperkuat kinerja BPJS Kesehatan menuju Cakupan Semesta tahun 2019,” pungkasnya.


Tag
div>