SENIN , 16 JULI 2018

Lagi, Isu Bom di Bandara Hasanuddin

Reporter:

Editor:

hur

Senin , 11 Januari 2016 15:03

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Setelah aparat kepolisian yang bercanda tentang bom di Bandara Hasanuddin, Minggu (10/1) kemarin, hari ini, isu bom kembali meneror bandara kebanggaan masyarakat Sulsel ini.

Isu itu muncul di daerah pemeriksaan X-ray transit Bandara Hasanuddin, sekitar pukul 11.30 wita. Kali ini, yang bercanda tentang bom adalah oknum PNS dari Pemrov Papua, yang bernama Dominggus H Simunapendi.

Mula kejadian, saat Dominggus, staf Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pemprov Papua, bersama dua orang kawannya, transit di Bandara Hasanuddin dari Sentani Jayapura menggunakan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-795. Rencananya, Dominggus akan meneruskan penerbangan ke Bandung untuk mengikuti suatu workshop di kota itu.

Pesawat Lion Air JT-795 dari Sentani, mendarat di Bandara Hasanuddin sekitar pukul 11.11 wita. Dominggus bersama penumpang transit lainnya langsung menuju area transit untuk melapor.

Setelah selesai melaporkan tiketnya, Dominggus dan kawan-kawannya harus melewati SCP (screening check point) untuk lanjut ke ruang tunggu. Pintu X-Ray yang dilewati Dominggus membunyikan alarm, sehingga petugas harus memeriksa secara manual. Ketika seorang petugas Avsec memeriksa tubuh Dominggus dengan WTMD (walk through metal detector), alat itu kembali membunyikan alarm, yang menunjukkan ada barang metal ditemukan pada tubuh Dominggus.

Kepada Dominggus, petugas bertanya, “Apa itu pak?”

Dominggu menjawab, “Ada bom.”

Karena tidak yakin, petugas menanyakan pertanyaan yang sama kepada Dominggus sampai tiga kali. Namun tiga kali pula Dominggus memberi jawaban yang sama.

Karenanya, petugas langsung melakukan tindakan. Dominggus dan bagasinya segera diamankan dan dibawa menuju ke ruang pemeriksaan manual. Sedangkan area SCP disterilkan, di mana semua calon penumpang lainnya dievakuasi dan dilakukan pemeriksaan ulang terhadap bagasi yang berada di area tersebut. Petugas juga menutup akses masuk di SCP keberangkatan dan SCP transit.


div>