JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Lagi, PATSI Latih Alumni Sipil UMI Supervisi Jalan dan Jembatan

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 20 Desember 2016 23:03
Lagi, PATSI Latih Alumni Sipil UMI Supervisi Jalan dan Jembatan

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Untuk yang kedua kalinya, Persatuan Alumni Teknik Sipil (PATSI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, menggelar workshop Tenaga Supervisi Jalan dan Jembatan bagi 50 alumni Teknik Sipil UMI di Aula Fakultas Teknik UMI, Jalan Urip Sumohardjo, Senin (19/12) kemarin.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah (LPJKD) Sulsel.

Hadir dalam workshop itu Ketua Jurusan Teknik Sipil UMI Ir Aliming Gecong MT sekaligus membuka acara, Ketua Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Teknik UMI Munir S Patunrengi, Sekretaris Umum DPP PATSI UMI Ir Nur Khaerat Nur MT, dan Ketua II PATSI UMI Ir Fadly Ibrahim MT, yang juga penanggungjawab program ini.

Nur Khaerat mengatakan pelatihan ini sangat berguna untuk meningkatkan kompetensi alumni Teknik Sipil UMI dalam bidang ketekniksipilan. Terlebih, di era globalisasi saat ini persaingan baik lokal maupun nasional bahkan internasional semakin ketat.

“PATSI berkeinginan mewujudkan alumni yang berkualitas, karena itu kami mengharapkan adik-adik mahasiswa apalagi alumni bisa terus belajar untuk meningkatkan kompetensinya. Insya Allah PATSI UMI akan memfasilitasi,” ungkap PD III Universitas Fajar ini.

Ketua IKA Teknik UMI, Munir S. Patunrengi, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia pun menyatakan akan terus mendukung PATSI UMI untuk terus berkarya membesarkan almamater UMI.

Munir mengungkapkan, dalam dunia kerja khususnya jasa konstruksi yang dibutuhkan adalah tenaga-tenaga ahli dan terampil. “Di dunia pekerjaan kita sudah tidak bisa lagi mengatakan bahwa ini alumni, ini keponakan, ini adik sepupu dan sebagainya. Yang ada di ahli atau tidak,” jelas Munir saat memberikan sambutan.

Fadly Ibrahim menambahkan workshop digelar dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pembangunan jalan dan jembatan sebagai mana renstra Kementerian PUPR. “PATSI berkomitmen menyiapkan tenaga supervisi jalan dan jembatan yang kompeten,” tutur alumni Teknik Sipil UMI angkatan 1996 ini.

Dalam workshop tersebut dihadirkan beberapa pemateri, di antaranya Ketua Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (Aklindo) Sulawesi Selatan Ir H. Ibrahim Pakki dan Site engineer Ir H. Andi Rahmat.

Salah seorang peserta workshop, Jamil Agil Alaydrus ST, alumni angkatan 2005, mengaku bersyukur bisa mengikuti workshop tersebut. Menurutnya banyak ilmu baru yang didapat dari pelatihan itu yang belum pernah ia dapatkan di lokasi proyek.

Beberapa di antaranya mengenai masalah urutan pelaksanaan pengawasan pekerjaan jalan, tugas dan fungsi anggota tim supervisi, peralatan yang digunakan untuk pekerjaan jalan dan spesifikasi teknik. “Terima kasih senior-senior alumni dan juga pengurus DPP PATSI UMI yang menyelenggarakan kegiatan ini,” ucap Jamil.


Tag
div>