JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Lagi, Pernikahan Dini Terjadi di Kabupaten Bantaeng

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Iskanto

Jumat , 31 Agustus 2018 13:26
Lagi, Pernikahan Dini Terjadi di Kabupaten Bantaeng

Pernikahan Reski (13) dan Mia (17) di Bantaeng

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM – Setelah pernikahan dini antara Fitrah Ayu (14) dengan Syamsuddin (16) yang sempat viral dan mengundang perhatian masyarakat luas beberapa bulan yang lalu.

Kini pernikahan anak belia, Reski (13) dan Mia (17) kembali terjadi dan menarik reaksi publik. Keduanya pun telah melangsungkan akad nikah di kediaman mempelai wanita, Kamis (30/8) malam.

Reski yang merupakan warga Lannying, Desa Bonto Lojong, Kecamatan Uluere, diketahui baru tahun ini lulus SD. Sedangkan, Mia (17) warga Loka, Desa Bonto Marannu, Kecamatan Uluere, merupakan siswa kelas dua SMK.

Letak desa keduanya masih bersebelahan, hanya berjarak sekitar 2 km rumah antara mempelai pria dan wanita. Pernikahan keduanya juga dibenarkan oleh salah seorang tetangga yang enggan disebutkan namanya.

“Tadi malam pernikahan keduanya. Reski ini masih muda sekali, karena baru tamat SD,” ujarnya, Jumat (31/8).

Sejumlah foto keduanya yang telah beredar pun menggambarkan usia mereka yang masih sangat muda untuk terikat pernikahan.
Apalagi, belum diketahui pasti apakah mempelai pria telah mengantongi atau tidak, dispensasi nikah dari Pengadilan Agama Bantaeng.

Sebab jika merujuk pada UU No 1 tahun 1974 tentang perkawinan, diatur pada pasal 7 ayat (1) bahwa perkawinan hanya diizinkan jika pihak pria sudah mencapai umur 19 tahun dan pihak wanita sudah mencapai umur 16 tahun. (*)


div>