JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Lagu Iyabelale, Dosen UNM Raih Doktor Di Semarang

Reporter:

Armansyah

Editor:

Iskanto

Jumat , 05 Oktober 2018 18:30
Lagu Iyabelale, Dosen UNM Raih Doktor Di Semarang

Dr. Arifin Manggau SPd MPd, Dosen UNM berhasil raih gelar Doktor di Universitas Negeri Semarang dengan kategori Cumlaude (Pujian), Jumat (5/10)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dosen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) UNM, Arifin Manggau berhasil meraih gelar Doktor bidang Pendidikan seni di ruang B 106 Pascasarjana Universitas Negeri Semarang (UNNES), Jumat (5/10).

Raihan Doktor tersebut saat memaparkan disertasinya berjudul Iyabelale, ritual pengantar tidur anak makna pada struktur dan fungsi sebagai ekspresi budaya dalam pendidikan keluarga suku bugis di Sulawesi Selatan dengan hasil ujian cumlaude (dengan pujian).

Arifin Manggau mengatakan, karya disertasinya mengangkat tentang struktur bentuk pada penyajian anak sekaitan lagu Iyabelale dan fungsinya di masyarakat pendukung.

“Dalam struktur dan bentuk (Iyabelale) adalah salah satu bentuk pola asuh dan tata cara dalam mendidik anak sejak dini,” katanya

“Bagaimana tentang merawat anak menuju kebaikan, memiliki gizi yang baik serta berakhlak mulia,” lanjutnya

Namun pada konten fungsi, kata pencipta Mars Pemprov Sulsel ini, Iyabelale sebagai sarana ritual magis, sarana pembentuk kepribadian ibu, serta sebagai bentuk peletakan dasar pendidikan anak sejak dini.

“Iyabelale adalah suatu nyanyian pakkurru Sumangek (pembasuh jiwa) dan memiliki nilai sakral yang tinggi bagi masyarakat pendukung dengan berbentuk buaian senandung,” ungkapnya

Diketahui, Arifin Manggau menyelesaikan masa studinya selama 3 tahun 4 bulan di Universitas Negeri Semarang. Adapun tim penguji yang dipimpin Promotor, Prof DR. H. Cjetcjep R. Rohidi, M, Hum, Co-Promotor Prof Totok Sumaryanto, M.Pd, Co-Promotor DR. Karta Jayadi, M.Sn, Co-Promotor prof Dr. Suminto.

Sementara penguji eksternal yakni Dr. Udi Utomo M.Hum, Dr. Hartono, dan Prof. Dr. Fathur Rokhman M.Hum yang juga Rektor UNNES selaku pimpinan sidang dan Direktur Pasca Sarjana UNNES, Prof Dr Ahmad Slamet selaku Sekertaris Promosi Doktor. (*)


div>