MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Laju IPM Sulsel Lampaui Nasional

Reporter:

Editor:

dedi

Selasa , 21 Maret 2017 21:20

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, Jufri Rahman, membeberkan kondisi gini ratio Sulsel, yang belakangan menjadi sorotan.

Dia menyatakan, gini ratio Sulsel hanya 0,4 berada pada peringkat ketimpangan sedang (0,4-5,9). Sedangkan angka gini ratio nasional 0,39.

“Artinya, selisih angka gini ratio antara Sulsel dan nasional itu hanya 0,01. Jadi, dengan kerja keras dan serius saya yakin kita akan dapat menurunkan angka gini ratio Sulsel menjadi 0,38 pada tahun 2018,” jelas Jufri Rahman, Selasa (21/3), menyusul banyaknya masukan saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Provinsi Sulsel, yang digelar sebelumnya.

Selain gini ratio Sulsel yang hanya selisih 0,01 dengan nasional, trend kenaikan IPM Sulsel juga sangat signifikan. Jufri Rahman mengungkapkan, IPM Sulsel bergerak dari peringkat 24 ke peringkat 14 dan pada tahun 2015 dengan metode baru perhitungan IPM, ternyata persentase laju IPM Sulsel sudah di atas nasional.

“Laju IPM Sulsel 3,74 persen, sedangkan laju IPM nasional 3,67 persen,” ungkapnya.

Menurut Jufri Rahman, posisi IPM Sulsel yang meloncat dari posisi 24 ke posisi 14, belum pernah terjadi di provinsi lain. Tidak ada provinsi yang membuat loncatan se drastis Sulsel. Padahal, menaikkan angka IPM itu berat karena mencakup banyak kriteria penilaian.


Tag
div>