SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Lampu Jalan Masih Kurang, Banggar Usulkan Penambahan Anggaran 

Reporter:

Arini

Editor:

Iskanto

Jumat , 14 September 2018 09:15
Lampu Jalan Masih Kurang, Banggar Usulkan Penambahan Anggaran 

Ilustrasi. Dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Daearah (DPRD) Kota Makassar mengusulkan agar anggaran lampu jalan Dinas Pengerjaan Umum (PU) ditambah hingga 10 Miliar.

Hal tersebut diusulkan Banggar saat rapat bersama Satuan Kerja Perangkat Daearah (SKPD).

Anggota Banggar DPRD Kota Makassar, Mario David saat Rapat Banggar menjelaskan bahwa di Dapilnya, Biringkanaya ia menemukan masih ada beberapa wilayah yang tidak menggunakan lampu jalan.

“Di Biring Romang itu, ini sesuai laporang Polsek Biringkanaya, tindakan penjambretan kepada ibu-ibu banyak terjadi. Sudah dijambret, dicuri lagi motornya,” ujarnya, Kamis (13/9).

Terkait hal itu, pihaknya sering melaporkan masalah tersebut kepada bidang terkait di Dinas PU. Namun, menadapat respon yang kurang baik.

“Selalunya bilang habis kabel pak mario, habis lampu. Padahal kan, anggarannya ini 3,2 m untuk pembangunan 20 ribu titik pembangunan lampu jalan dan 2 miliarnya untuk pemeliharaan,” jelasnya.

Sehingga, pihaknya meminta anggaran lampu jalan ditambah hingga 2 Miliar. “Ditambah 2 m, hari ini selaku banggar dan saya minta, untuk lampu jalan. Sehingga, tidak ada alasan tidak ada lampu tidak ada kabel,” bebernya.

“Jadi saya minta kepada tapd, tambahkan anggarannya ini dan tidak ada alasan tidak ada kabel. saya minta tambah 2 miliyar, sampai 7 m,” tambahnya.

Sementara itu, Aanggota Banggar yang lain, Abdi Asmara bahkan meminta penambahan anggaran lampu jalan hingga 10 m. “Biar ditambah 10 m saja,” timpalnya.

Kepala Dinas PU Kota Makassar, M Ansar yang saat itu mengikuti rapat menyatakan siap menerima penambahan anggaran. Pihaknya pun menjelaskan, alasan mengapa pihaknya tidak merespon keluhan Anggota DPRD Kota Makassar.

“Kalau untuk lampu jalan, saya sependapat untuk menambah. Kalau soal kekurangan kabel dan lampu, itu bukannya saya emmbela. Tapi kan ini kebanyakan semuanya ditender, apalagi klau awal tahun anggaran,” jelasnya.

Diketahui, untuk anggaran 3,2 Miliar tersebut bisa mengcover hingga 20ribu titik lampu jalan. Sehingga, jika anggarannya ditambah hingga 10 M bisa mengcover hingga 2 kali jumlah titik lampu jalan. (*)


div>