SABTU , 20 OKTOBER 2018

Langkah Parpol Menuju Pemilu 2019 , Gerindra Sulsel Target 1 Juta KTA

Reporter:

Suryad Maswatu

Editor:

asharabdullah

Jumat , 23 Maret 2018 11:45
Langkah Parpol Menuju Pemilu 2019 , Gerindra Sulsel Target 1 Juta KTA

Idris Manggabarani. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – 15 partai politik (parpol) telah lolos ke Pemilu 2019. Tantangan terberat parpol pada pemilu 2019 adalah ambang batas parlemen atau syarat minimal perolehan suara untuk mendapatkan kursi di DPR.

Pada pemilu mendatang, parpol harus menghadapi ambang batas parlemen yang lebih tinggi daripada pemilu sebelumnya.

Merujuk UU 7/2017 tentang Pemilu, ambang batas parlemen untuk pemilu 2019 sebesar 4% dari suara sah nasional sementara dalam dua pemilu 2009 dan 2014, ambang batas itu masing-masing 2,5% dan 3,5%.

Lantas seperti apa langkah-langkah Partai Gerindra Sulsel untuk bisa meraih suara sebesar-besarnya demi memenuhi harapan dan impian pengurus DPP.

Menanggapi hal ini, Ketua DPD Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani (IMB) menuturkan, pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Partai Gerindra sebagai salah satu partai yang dinyatakan lolos menjadi peserta Pemilu 2019, Gerindra Sulsel mematok target tersendiri dalam kontestasi Pemilu 2019 mendatang.

Menurutnya, bahwa dengan struktur dan infrastruktur yang dimiliki Gerindra Sulsel sekarang, target tersebut cukup realistis untuk dicapai. Apalagi mesin partai bekerja dengan baik.

“Artinya target dan capaian Gerindra ke depan harus lebih baik dari hari ini. Bisa andil dalam pertarungan lokal maupun nasional,” ujarnya Kamis (22/3)

Mantan calon Walikota Makassar ini menjelaskan, pertimbangan objektifnya sudah sesuai infrastruktur partai yang ada. Sekarang kata dia, Gerindra sudah punya 11 kursi di DPRD Sulsel, Target penambahan 50 persen kan cukup 17 kursi.

“Khusus Sulsel 17 kursi, sementara target kita di Pemilihan Gubernur mendatang, yaitu Gerindra tidak butuh koalisi lagi, atau dengan kata lain mampu mengusung sendiri tanpa koalisi,” ungkapnya.

Menurut IMB, dengan posisi Gerindra sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak kedua di Sulsel, dirinya juga mematok target penambahan kursi untuk DPR RI.

“Kita sekarang kan partai kedua dengan suara terbanyak di Sulsel. Kalau DPR RI kita target dari 3 menjadi dua kali lipat,” tuturnya.

Sementara itu, Juru bicara Gerindra Sulsel, Sawaluddin Arief menegaskan partainya siap bertarung dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Bahkan menurut dia, saat ini pihaknya telah menerima bakal caleg yang menyatakan siap bertarung dalam Pileg 2019 mengendarai Partai Gerindra. “Kami sudah siap bertarung bersama Gerindra dalam Pileg 2019,” katanya.

Khusus target dan capaian kursi di parlemen 2019, kata Sawal, harus ditingkatkan lebih banyak dari saat ini. Dimana mesin partai akan bekerja sampai ke kantong konstituen guna mencapai target.

“Sekarang DPRD kursi Kab/kota 96 se-Sulsel, target 200 kursi, DPRD propinsi Sulsel saat ini 11 kursi target 17-20. Dan sekarang DPR RI 3 target 6 kursi,” sebut Sawal.

Dijelaskan, sejumlah agenda politik Gerindra kedepan pun telah diagendakan. Termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang bakal dihelat pada Juni 2018.

“Langkah-langkahnya adalah konsolidasi organisasi dengan merampungkan kepengurusan di tingkat DPC 24 kab/kota se-Sulsel, pengurus PAC 686 kecamatan se sulsel, pengurus ranting 27.000 desa kelurahan,” tuturnya.

Lanjut Syawal, Gerindra Sulsel, juga akan merampungkan pembentukan sayap partai antara lain, Pesira Kesehatan Indonesia Raya, Perempuan Indonesia Raya, Kristen Indonesia Raya dan Satuan Relawan Indonesia Raya , serta Titisan Indonesia Raya . Juga Gerakan Masyarakat Hindu Budha Tionghoa.

“Tak kalah penting adalah, melaksanakan program 1.000.000 Kartu Tanda Anggota (KTA) Gerindra se-Sulsel dan melaksanakan program 1000 warung Gardayasa,” demikian kata Syawal. (*)


div>