JUMAT , 14 DESEMBER 2018

Lantik Pengurus Karang Taruna, Husler Harapkan Kontribusi Untuk Pembangunan Daerah

Reporter:

Editor:

Lukman

Senin , 05 Maret 2018 20:20
Lantik Pengurus Karang Taruna, Husler Harapkan Kontribusi Untuk Pembangunan Daerah

Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler saat melantik pengurus Karang Taruna Lutim.

MALILI, RAKYATSULSEL.COM – Setelah terpilih secara aklamasi beberapa waktu lalu, Ketua terpilih Bakratang dan 83 Pengurus Karang Taruna Kabupaten Luwu Timur masa bakti 2018-2023 resmi dilantik Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler di Gedung Wanita Simpurusiang, Senin (05/03).

Prosesi pengukuhan diawali dengan pembacaan SK Keputusan Bupati dilanjutkan kata-kata pengukuhan dan penandatanganan Berita Acara Pelantikan oleh Bupati Luwu Timur, kemudian dilanjutkan penyerahan Pataka Karang Taruna oleh Ketua Taruna Provinsi Sulawesi Selatan Farouk. M. Betta kepada Bupati Luwu Timur HM. Thorig Husler, selanjutnya oleh bupati, pataka itu diserahkan kepada Ketua Karang Taruna Kabupaten Luwu Timur Bakratang.

Ketua panitia pelaksana pengukuhan tersebut, Herawan mengatakan, kepengurusan Karang Taruna Kabupaten Luwu Timur masa bakti 2018-2023 merupakan hasil musyawarah pada 5 Januari 2018.

“Hari ini, kepengurusan karang taruna hasil musyawarah awal tahun lalu dikukuhkan. Tema yang diusung : Bergerak dan bersinergi menuju Luwu Timur Terkemuka,” kata Herawan.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Luwu Timur Bakratang, mengatakan bahwa pengukuhan ini adalah momentum yang tepat buat pihaknya untuk menegaskan serta meneguhkan komitmen dan konsistensi untuk terus dan tidak berhenti mengawal seluruh agenda dan pengentasan permasalahan sosial khusunya dikalangan generasi muda.

Lebih lanjut dikatakannnya, sebagai salah satu lembaga sosial kepemudaan, yang secara berjenjang berada ditingkat Desa hingga Kabupaten, pihaknya siap mengisi wajah pembangunan daerah.

“Jangan pernah ragu sedikitpun akan komitmen kami, kami akan mengabdi dan mengawal pembangunan daerah Kabupaten Luwu Timur, dedikasi kami hanya untuk daerah ini, semangat dan tekad kami tidak akan berhenti,” tegas Bakratang.

Sementara Bupati Luwu Timur HM Thorig Husler saat memberikan sambutan, meminta agar pengurus Karang Taruna yang baru saja dilantik bisa ikut mengambil peran dalam proses pembangunan di Kabupaten Luwu Timur.

Menurutnya, Karang Taruna sebagai motor penggerak perubahan sosial dilingkungan masyarakat perlu selalu meningkatkan kualitas kelembagaan. Sehingga pada gilirannya dapat membina generasi muda secara efektif dan efisien khususnya dalam usaha-usaha yang mendukung laju percepatan pembangunan, salah satunya mengembangkan potensi keterampilan yang ada di daerah.

“Pemuda Karang Taruna jangan hanya mengkritisi pemerintah, namun harus bisa mengambil peran untuk bersama-sama membangun daerah, Saya tunggu kerja nyata kalian,” tantang Bupati.

Dimomentum pelantikan ini lanjutnya, saya juga berharap pengurus dapat menggali segala aspek yang menyangkut permasalahan kesejahteraan sosial dimasing-masing wilayah sesuai karakteristik yang ada, sehingga secara bertahap grafik permasalahan kesejahteraan sosial di Kabupaten Luwu Timur dapat ditekan.

Ia juga mengucapkan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pengurus karang taruna atas dukungan dan dedikasinya selama ini, sehingga dirinya diberikan penghargaan sebagai Pembina Umum Karang Taruna Terbaik Tingkat Nasional berupa Piagam “Adhitya Karya Mahatva Yodha Tahun 2017”.

“Penghargaan ini tentu tidak diterima begitu saja, namun hal ini berkat kerjasama yang baik, sinergi yang baik antar Pemerintah dan Karang Taruna dalam program pembangunan daerah,” ujar Husler.

Acara pelantikan ditutup dengan penandatanganan penolakan peredaran Narkotika dan Pil PCC sebagai bentuk komitmen bersama Karang Taruna Kabupaten Luwu Timur, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, BNK Luwu Timur, Kapolres Luwu Timur dan Kejaksaan Luwu Timur.

Turut hadir pada acara pelantikan tersebut, Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam, Ketua DPRD H. Amram Syam, Ketua MPKT Luwu Timur Herdinang, Plt. Kadis Sosial dan P3A Luwu Timur Sukarti, Pengurus Karang Taruna Provinsi Sulsel serta beberapa orgajisasi pemuda lainnnya. (hms)


div>