MINGGU , 24 JUNI 2018

Lantik Pengurus Lazismu, Erna Taufan Tekankan Prinsip Kepercayaan dan Transparansi

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 06 Juni 2017 12:31
Lantik Pengurus Lazismu, Erna Taufan Tekankan Prinsip Kepercayaan dan Transparansi

Ketua Badan Pengurus Lazizmu Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan didampingi Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Parepare Dr Mahsyar melantik Pengurus Kantor Layanan Lazizmu di Barugae, Rujab Walikota Parepare, Selasa, (6/6).

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM-Ketua Badan Pengurus Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Parepare, Hj Erna Rasyid Taufan melantik 45 orang pengurus kantor layanan dan tujuh di antaranya merupakan Pengurus Eksekutif Lazismu Kota Parepare.

Pengurus Kantor Layanan ini merupakan pengurus di setiap Masjid-masjid di kelurahan yang dibina oleh Muhammadiyah.

Pelantikan yang berlangsung di Gedung Barugae, Rujab Walikota Parepare, Selasa, (6/6) tak hanya dihadiri Pengurus Lazismu, tetapi juga Pimpinan daerah Muhammadiyah Parepare dan sejumlah pengurus PKK dan BKMT.

Lazismu adalah lembaga zakat tingkat nasional yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat melalui pendayagunaan secara produktif dana zakat, infaq, sadaqah, wakaf dan dana kedermawanan lainnya baik dari perseorangan, lembaga, perusahaan dan instansi, sehingga dalam pengelolaan anggaran keumatan dinilai sangat sensitif.

Hal ini yang mendorong Erna Taufan berpesan kepada Pengurus Lazismu agar mengutamakan prinsip kepercayaan dan transparansi dalam penggalangan dana, pencatatan, maupun penyalurannya.

“Jangan sampai kepercayaan masyarakat kepada Lazismu hilang, jaga kepercayaan itu. Ini kan banyak celengan, jadi saya sangat berharap pembukaan celengan harus lebih transparan. Saya percayakan kepada pengurus dan kita selalu memperbaharui niat karena kadang niat di awal baik, tapi di akhir tidak,” pesan Erna yabg juga Ketua BKMT Kota Parepare ini.

Menurutnya, dana yang dikumpulkan untuk keummatan ini haruslah dikelolah dengan baik, dengan mengutamakan prinsip kepercayaan, termasuk kepercayaan antar pengurus.

“Kita kumpulkan dana untuk ummat, sehingga penggalangan dana sangat sensitif. Bagi yang mengumpulkan zakat, agar mencatat sebaiknya. Kejadian seperti ini sering terulang antara pengurus satu dan pengurus lain saling mencurigai sehingga yang kita jual adalah kepercayaan,” tegas Istri Wali Kota Parepare ini.

Erna juga menambahkan, saat ini Lazismu gencar melakukan kegiatan keummatan dengan bekerjasama dengan berbagai kalangan, seperti pemberian sembako, alqur’an, dan bantuan peralatan sekolah bagi anak yang tidak mampu.


Tag
div>