SELASA , 19 JUNI 2018

Laode Arumahi Buka Sosialisasi Tata Cara Pengajuan Sengketa Pilkada

Reporter:

Busrah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 02 Maret 2018 16:15
Laode Arumahi Buka Sosialisasi Tata Cara Pengajuan Sengketa Pilkada

Suasana Sosialisasi Tata Cara Pengajuan Sengketa pada Pilkada serentak 2018 di The M Hotel Pinrang, Kamis malam (1/3). Foto: Busrah/RakyatSulsel

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Ketua Panwaslu Sulsel, Laode Arumahi membuka Sosialisasi Tata Cara Pengajuan Sengketa pada Pilkada serentak 2018 di The M Hotel Pinrang, Kamis malam (1/3).

Sosialisasi ini juga dihadiri Kordiv HPP Bawaslu Sulsel Asry Yusuf, sebagai nara sumber, A Bahtiar Tombong, Komisioner KPU Pinrang, Ruslan dan pihak Panwaslu Pinrang.

Menurut Arumahi, salah satu tambahan tugas bagi Panwaslu yang diatur dalam undang-undang yang baru adalah melakukan kegiatan pencegahan dan penindakan.

Pencegahan ini, kata dia, sasarannya agar tidak terjadi pelanggaran dan sengketa. Sengketa ini ada dua macam, yaitu sengketa proses yang diputuskan Panwaslu dan sengketa hasil yang diputuskan di MK.

“Saya kira, tugas kita bersama untuk melakukan pencegahan dan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terjadi pelanggaran dan sengketa. Jangan menganggap remeh persoalan yang sepele, tetapi dampaknya bisa meluas,” ungkapnya.

Menurutnya, Pilkada adalah proses demokrasi yang tidak semata-mata prosedural dan pragmatis, tetapi juga harus berkualitas. “Kita ingin, pemilu ini adalah proses demokrasi yang berkualitas,” jelasnya. (*)


div>