SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Lapak Depan Kantor Gubernur Segera Dibongkar

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 17 April 2017 10:37
Lapak Depan Kantor Gubernur Segera Dibongkar

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKSUL – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel dalam waktu dekat berencana akan menertibkan lapak yang berada di kawasan kantor Gubernur Sulsel, Jl Urip Sumiharjo, Makassar.

Kepala Bagian Pendataan, Pengamanan dan Penertiban Aset Pemprov Sulsel, Natsir Azikin mengatakan akan menertibkan seluruh aset lahan milik pemprov dengan melakukan pemagaran. Tak terkecuali, lahan depan Kantor Gubernur seluas 1,4 hektare. Lahan yang berlokasi di Jl Urip Sumoharjo ini sebelumnya digunakan sebagai kantor Dinas Perhubungan Kota Makassar.

“Kita sudah rapatkan minggu lalu bersama kepala biro. Secara teknis kita akan tertibkan dalan waktu dekat. April dan Mei sudah tidak ada lagi lapak yang berdiri di aset kita itu,” kata Natsir diberitakan Rakyat Sulsel, Senin (17/4).

Dia menambahkan, tanah tersebut tercatat di kartu inventaris provinsi sebagai tanah pemprov yang secara sah dimenangkan di Mahkamah Agung (MA) pada bulan Agustus 2015 lalu. “Ini sudah menjadi hak dari Pemprov Sulsel di MA,” tambahnya.

Untuk penertiban, akan dilakukan oleh Satpol PP, kepolisian dan TNI. “Bukan ekseskusi tapi penertiban. Kita akan action akhir bulan April dan Mei. Sementara, urusan penertiban adalah kewenangan dari kota Makassar,” ujarnya.

Kata Natsir, pihaknya sudah melakukan pendekatan secara persuasif di 24 lapak yang berdiri di lahan negara itu. “Sudah berulang kali disurati dan pendekatan kepada kelurahan, kecamatan. Saat itu mereka minta waktu,” ucapnya.

Kepala Satpol PP Sulsel, Iqbal Suhaeb menuturkan, dalam waktu dekat ini akan memanggil pihak-pihak terkait untuk membicarakan soal penertiban itu.

“Dalam waktu dekat, kita akan panggil pihak yang ada di dalam. Mereka (pedagang) kontrak juga itu kasian karena korban juga, mereka tidak salah. Dan parahnya tidak ada kontrak tertulis. Sudah ada putusan kasasi dan dimenangkan pemprov,” jelasnya. (***)


div>