SABTU , 21 JULI 2018

Laporkan Aksi Kejahatan Lewat Android

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 16 November 2016 11:08
Laporkan Aksi Kejahatan Lewat Android

Kapolres Pelabuhan Makassar Zaid A Fauza memperlihatkan peta pada Panic Alarm Sistem and Quick Respon (PASQ) yang merupakan aplikasi milik Polres Pelabuhan Makassar, di Polres Pelabuhan Makassar, Jl Ujung Pandang, Selasa (15/11). foto: asep/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepolisian Resort (Polres) Pelabuhan Makassar menguji coba pemanfaatan sebuah aplikasi berbasis android, Panic Alarm System and Quick Respon (Pas-Q).

Uji coba resmi dilakukan di Mapolres Pelabuhan, di Jl Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Selasa (15/11).

Aplikasi ini dirancang mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Profesional. Fungsinya, membantu memudahkan tugas-tugas pihak kepolisian dalam melakukan pengamanan di wilayah hukum Polres Pelabuhan.

“Aplikasi ini membantu masyarakat dalam menghadapi tindak kejahatan seperti curas, pungli, kemacetan, penculikan anak, unras dan lain-lain. Kami akan langsung bertindak dengan cepat,” ujar Kapolres Pelabuhan, AKBP Said Annas Fausan diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (16/11).

Said mengatakan, aplikasi itu bisa diakses masyarakat untuk memberikan informasi tentang situasi dan kondisi kepada pihak kepolisian dalam mengungkap kasus tindak kejahatan.

“Itu sebagian dari prioritas kami dalam menangani kasus tindak kejahatan, maka dari itu aplikasi itu dibuat dengan melakukan kerja sama mahasiswa. Aplikasi ini bisa menuntut petugas tiba dengan cepat di Tempat Kejadian Perkara (TKP),” terangnya.

Hanya saja, aplikasi ini masih terbatas untuk wilayah hukum Polres Pelabuhan saja. Pasalnya, aplikasi ini masih dalam tahap percobaan. Jika dinyatakan layak, aplikasi itu akan meluas ke Polsek hingga Polda.

PAS-Q dirancang menjangkau jauh dari lokasi terjadinya aksi kejahatan.”Aplikasi itu bisa menjangkau sampai 20km kalau lewat dari wilayah hukum Polres Pelabuhan kita akan melakukan kordinasi lebih lanjut melalui HT,” bebernya.

Dalam tahap uji coba ini, Polres Pelabuhan Makassar akan menyosialisasikan pemanfaatan aplikasi ini ke sejumlah instansi yang rawan terjadi kejahatan seperti bank, sekolah dan tempat-tempat keramaian. Instansi-instansi tersebut diminta mendownload PAS-Q.

“Bisa download di google playstore, nama aplikasinya itu PAS-Q Polres Pelabuhan Makassar,” tutupnya. (***)


div>