SENIN , 17 DESEMBER 2018

Layanan Check In Mandiri Hadir di Bandara Sultan Hasanuddin

Reporter:

Iskanto

Editor:

Minggu , 23 September 2018 17:25
Layanan Check In Mandiri Hadir di Bandara Sultan Hasanuddin

Beberapa penumpang saat melaksanakan Self Check In dan Self Bagage Drop Machine di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, beberapa waktu lalu. Self Check In ini disiapkan bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan dan belum sempat melakukan online check in.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – PT Angkasa Pura I (Persero) Sultan Hasanuddin Internasional Airport Makassar (SHIAM) bekerjasama dengan PT Angkasa Pura Support menyediakan Self Check In dan Self Bagage Drop Machine atau Mesin Check In dan Bagasi Mandiri bagi penumpang yang akan melakukan perjalanan dan belum sempat melakukan website atau online check in.

“Mesin ini disediakan dengan tujuan untuk mempercepat proses check in dan mengurai antrian di counter check in maskapai. Jadi penumpang tidak perlu lagi antri lama di counter check in.” ujar Wahyudi selaku General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, akhir pekan lalu.

Self Check In tersebut, lanjut dia bersifat common use atau dapat digunakan oleh semua maskapai yang beroperasi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

“Terdapat 12 alat Self Check In dan 1 alat Self Baggage Drop yang terletak di area keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Penumpang dapat melakukan Self Check in mulai dari 2 jam sampai maksimal 30 menit sebelum keberangkatan. Jadi kurang atau lebih dari waktu yg ditentukan tersebut, penumpang tidak dapat melakukan proses Check In melalui alat Self Check In,” jelasnya.

Sementara itu, tidak semua penumpang bisa self check in, seperti
penumpang hamil, penumpang yang membawa bayi, penumpang berkebutuhan khusus (difable), penumpang dibawah umur 16 tahun, penumpang dengan penerbangan transfer internasional dan satu kode booking untuk banyak penumpang.

“Adapun langkah-langkah penggunaan Self Check In
pilih maskapai penerbangan yang akan digunakan, masukkan kode booking yang tertera pada E-Ticket penumpang, detail informasi penerbangan akan muncul pada layar, mohon untuk diperiksa kembali data tersebut. Dapat memilih nomor kursi (kecuali Air Asia), cek kembali data Anda pada mesin Self Check In, apabila sudah benar, Cetak boarding pass, dan dapat langsung menuju ke Area Pemeriksaan (Screenijg Check Point),” imbuhnya.

Pihak Manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sendiri sebelumnya telah melakukan sosialisasi kepada maskapai serta uji coba mesin kepada penumpang. Kini Mesin Self Check In dan Self Baggage Drop siap digunakan. (*)


div>