JUMAT , 27 APRIL 2018

Layanan Perekaman E-KTP, Tjahjo Kumolo Terapkan Aturan Sejam Selesai

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Senin , 09 April 2018 21:40
Layanan Perekaman E-KTP, Tjahjo Kumolo Terapkan Aturan Sejam Selesai

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Aturan menteri untuk percepatan perekaman e-KTP dikeluarkan beberapa waktu lalu. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan terkait perekaman dokumen pribadi ini sudah bisa dilakukan hanya dalam waktu satu jam.

Hal tersebut dikatakan Tjahjo usai melantik Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono di kantor Gubernur Sulsel, Senin (9/4).

“Saya sudah keluarkan Permendagri. Sejak tiga hari yang lalu sudah diteken,” kata Tjahjo.

Dalam peraturan menteri (permen) itu, lanjutnya diatur soal batas waktu pembuatan E-KTP, kartu keluarga, akta kematian, dan akta lahir harus bisa dilakukan dalam satu jam saja.

Kata Tjahjo, Permen ini dibuat berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas, pekan lalu. “Ini arahan Presiden buat Permendagri supaya tegas di daerah, orang buat E-KTP, KK, akta kematian, dan akta lahir, satu jam selesai. Kita sudah praktikkan di Kemendagri, sepuluh menit sudah bisa selesai kok,” tambahnya.

Namun demikian, Tjahjo mengecualikan lamanya pengurusan data diri itu dengan bebrrapa kendala masalah teknis, seperti listrik padam, gangguan internet, panjangnya antrian, serta gangguan lainnya. Dengan peraturan yang akan dibuat ini, Tjahjo optimistis proses pembuatan dokumen di daerah bisa berubah menjadi lebih cepat.

“Sisa Pemda dan Dukcapil harus proaktif. Masyarakat di perkotaan juga harus aktif merekam. Minimal memastikan nama yang ada ini masih hidup,” jelasnya. (*)


div>