Lebih Baik Perbaiki Jalanan Rusak | Rakyat Sulsel

Lebih Baik Perbaiki Jalanan Rusak

Sabtu , 29 September 2012 10:48
Total Pembaca : 299 Views
M Iqbal A Djalil, Anggota DPRD Kota Makassar

Baca juga

M Iqbal A Djalil, Anggota DPRD Kota Makassar

MONOREL sangat tergantung kondisi kota. Selain itu harus dilihat kondisi keuangan. “Kalau pun anggarannya ada, kita harus lihat dulu, mana yang prioritas,” ujar M Iqbal Djalil, anggota DPRD Kota Makassar.

Menurutnya, sebaiknya pemerintah memprioritaskan pembenahan infrastruktur yang ada sekarang, seperti jalan, traffic light, pertigaan dan lainnya. “Jangan sampai kita fokur pada monorel, sementara hal-hal yang harusnya dibenahi dan bersentuhan langsung dengan masyarakat justru terbengkalai, seperti jalan rusak dan lainnya,” ujarnya.

Berikut wawancara Rakyat Sulsel dengan legislator yang telah menyatakan siap maju di Pilwalkot Makassar mendatang ini.

 

+ Bagaimana tanggapan Anda dengan rencana pemerintah Sulsel membangun monorel?

- Rencana ini bagus untuk mengurangi kemacetan Kota Makassar. Hanya saja pemerintah sebaiknya mengkaji lebih dalam lagi, karena anggaran pembangunannya tidak sedikit, dan apakah masyarakat kita saat ini memang butuh dengan monorel.

 

+ Kalau Anda melihat apakah memang perlu ada monorel?

- Itu tergantung kebutuhan kota dan masyarakatnya. Selain itu, harus dilihat juga anggarannya. Kalau menurut saya sih, sebaiknya pemerintah membenahi dulu infrastruktur yang ada sekarang, jangan sampai kita berfokus pada pembangunan monorel lalu melupakan hal-hal yang menyentuh langsung masyarakat. Apalagi anggaran yang digunakan juga tidak sedikit.

 

+ Apa saja hal-hal yang Anda maksudkan?

- Pemerintah perlu membenahi infrastruktur yang ada sekarang seperti jalan-jalan rusak, pertigaan dan perempatan jalan yang tidak beres, serta traffic light yang belum beres. Jika ini tertata dengan baik tanpa monorel pun kemacetan pasti bisa diatasi. Kalau itu sudah beres, terus ternyata kondisi kota masih membutuhkan, barulah kita bangun monorel itu.

 

+ Dampak dari pembangunan monorel menurut Anda apa saja?

- Dampaknya tentu saja banyak. Salah satunya, dalam beberapa tahun, selama pembangunan monorel, pasti akan banyak kemacetan. Belum lagi dampak lainnya. Cobalah kita mencontoh kota-kota lain, dimana penduduknya padat, kendaraannya banyak, tapi toh kotanya tetap baik. Lalulintasnya lancar tanpa harus menggunakan monorel. (akbar/D)