MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Lebih Dekat Dengan Keluarga Yasin Limpo (3/Bersambung)

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 19 Mei 2018 14:57
Lebih Dekat Dengan Keluarga Yasin Limpo (3/Bersambung)

int

TAK disangkal lagi. Syahrul Yasin Limpo adalah gubernur terbaik yang pernah dimiliki Sulawesi Selatan. Prestasi Syahrul membuatnya selalu mendapat pengakuan dari negara. Bukti paling sahih adalah jabatan Ketua Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang diamanahkan negara kepadanya. Yang berarti, Syahrul adalah Komandan para Gubernur se-Indonesia.

Sukses Syahrul bukan karena sendiri. Ada banyak sosok di baliknya. Ichsan Yasin Limpo, sang adik, adalah salah satu sosok tersebut. Banyak sumbangsih pemikiran yang diberikan Ichsan kepada Syahrul, selama menjabat sebagai gubernur. Sehingga dalam berbagai kesempatan, berkali-kali Syahrul mengakui kemampuan Ichsan Yasin Limpo.

Jejak sukses Syahrul juga diikuti Ichsan Yasin Limpo. Seperti Syahrul, Ichsan pun sukses memimpin Kabupaten Gowa selama dua periode. Bahkan, era Ichsan Yasin Limpo, Gowa mencapai gilang-gemilang.

Ditandai dengan program-program pemerintah yang mendongkrak kesejahteraan rakyat. Diantara program itu kemudian banyak dicontek daerah lain di Indonesia. Seperti Pendidikan Gratis.

IYL yang merupakan doktor bidang hukum pendidikan Unhas, memang dikenal sebagai figur yang peduli pendidikan. Saat menjabat bupati, IYL dikenal sebagai pelopor pertama perda pendidikan gratis di Indonesia.

Tidak sekadar menerapkan perda, di tangan IYL, pendidikan di Gowa memang benar-benar gratis. Tak ada satu rupiah pun jenis pungutan di Gowa hingga sekarang dari SD hingga SMA.

Keberanian lain IYL terhadap keberpihakan pendidikan, yakni menerapkan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) yang satu-satunya di Indonesia. Berkat SKTB pula, kini beberapa tahun terakhir, Gowa selalu tertinggi undangan masuk ke perguruan tinggi.

Banyak terobosan lain lagi yang ditorehkan IYL, baik tentang berhasil menjadikan Gowa mendapatkan opini WTP lima kali berturut-turut, maupun mengantarkan Gowa sebagai pemerintahan terbaik kedua secara nasional, sekaligus yang pertama untuk Sulsel tingkat kabupaten.

Kiprah Ichsan Yasin Limpo di bidang pemerintahan bukan karena pemberian. Tapi memang melewati ujian. Hasilnya, Ketua PMI Sulsel ini menjadi sosok yang teruji. Pernah menjadi anggota DPRD Provinsi dua periode.Jabatan penting di Partai Golkar Sulsel juga pernah diembannya.

Kini, Ichsan Yasin Limpo ikut dalam pertarungan Pilgub Sulsel 2018 dengan berpasangan Andi Mudzakkar, Bupati Luwu dua periode. Mereka maju melalui jalur perseorangan, atau satu-satunya usungan langsung koalisi rakyat.

Indonesia menganut sistem demokrasi. Untuk jalannya roda pemerintahan, ditunjuk seorang pemimpin. Ditunjuk oleh rakyat lewat pesta demokrasi. Macam Pilkada, Pilpres atau Pileg. Pesta demokrasi ini digelar oleh negara.

Rakyat berbondong-bondong menuju TPS untuk menentukan siapa yang pemimpin pilihannya. Cara memilih pemimpin di Indonesia, adalah dipilih oleh rakyat. Tidak dipilih oleh pemimpin sebelumnya. Seorang pemimpin terpilih karena dianggap banyak orang memang layak. Sesuai kapasitas, bukan fasilitas. (Bersambung)


div>