JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Lebih Memperhatikan Pekerja Seni

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 31 Mei 2017 13:00
Lebih Memperhatikan Pekerja Seni

ASEP/RAKYATSULSEL/D GERAKAN 1000 MENARI. Sebanyak 450 pelajar SMP se-Kota Makassar, mengenakan Baju Bodo, menampilkan gerakan 1000 menari pada Pesta Pendidikan 2017 Berkarya Melintasi Batas, di Benteng Rotterdam, Makassar, Minggu (14/5).

PEMILIHAN Gubernur Sulsel tidak terasa sudah didepan mata, tepatnya Juni 2018, seluruh masyarakat Sulsel akan memilih gubernur yang nantinya diharapkan dapat mensejahterakan dan pro rakyat.

Tidak hanya mengkampanyekan program-program untuk menarik suara, akan tetapi merealisasikan apa yang menjadi program tersebut.

Begitupun para seniman dan budayawan yang ada di Sulsel. Mereka mempunyai harapan dan cita-cita terhadap sosok gubernur yang nantinya akan mendukung segala kegiatannya dan mempromosikan apa yang menjadi budaya Sulsel melalui Dinas Pariwasata dan Dinas Kebudayaan.

Salah satu seniman di Sulsel, Imran Rauf mengatakan, sosok gubernur kedepan harus mempunyai jiwa seni dan budaya. Pasalnya kata dia, saat ini Pemerintah Provinsi Sulsel hanya fokus pengembangan destinasi namun melupakan unsur budaya dan seni asli Sulsel.

“Kita liatmi sendiri, sekarang yang dipromosikan hanya destinasi. Olehnya itu, siapapun terpilih nantinya, gubernur harus bisa lebih memperhatikan pekerja seni,” ujar Ime–sapaan akrab Imran Rauf.

Ia menambahkan bahwa masih banyak seniman dan budayawan yang handal namun tidak mendapat perhatian dari pemerintah. “Banyak sekali seniman bahkan yang sudah usia senja namun kalau dalam dunia seni semakin tua seniman, maka karya yang akan diberikan itu semakin berkualitas tapi kurang mendapat perhatian pemerintah,” jelasnya.

[NEXT-RASUL]

Seniman lainnya, Asia Ram Prapanca mengatakan, selama ini sosok Gubernur Sulsel sudah melakukan tugasnya dengan baik serta peduli dengan para seniman dan budayawan.

“Kalau setiap gubernur saya kira sudah bagusmi, cuman dinas-dinasnya yang harus lebih intens komunikasi dengan para seniman setidaknya membuat forum diskusi agar tujuan dari program gubernur bisa terwujud,” ujar Asia Ram Prapanca, Selasa (30/5).

Menurutnya, peran dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan belum terlaksana dengan baik. “Gedung kesenian sekarang sudah diambil alih Dinas Pariwisata, padahal beberapa waktu lalu dikelola bersama. Itulah kita harap kedepan gubernur yang terpilih bisa terjun langsung mendengar aspirasi para seniman,” katanya. (D)


Tag
  • Pilgub 2018
  •  
    div>