SABTU , 20 OKTOBER 2018

Lecutkan Gairah Dengan Seks Anal, Waspadai 5 Bahayanya

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 22 Februari 2018 14:15
Lecutkan Gairah Dengan Seks Anal, Waspadai 5 Bahayanya

Ilustrasi bahaya seks anal (Boldsky)

RAKYATSULSEL.COM – Kebiasaan atau perilaku seks tak sehat bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Seks tak sehat bisa berisiko terhadap peningkatan masalah kesehatan seperti Penyakit Menular Seksual (PMS) atau kehamilan. Kurangnya pendidikan di kalangan masyarakat sering memicu penyebaran penyakit menular seksual dan infeksi.

Salah satu yang bisa berbahaya dalah hubungan intim adalah seks anal. Maksud hati ingin mencari variasi dan gairah, sayangnya justru bisa berbahaya bagi kesehatan. Tentu berbeda dengan seks vaginal.

Karena itu, direkomendasikan untuk menghindari seks anal karena berisiko kesehatan. Berbagai risiko tersebut bahkan bisa mengancam nyawa, seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (21/2).

Infeksi
Seks melalui dubur dapat menyebabkan sejumlah IMS (infeksi menular seksual) seperti gonore, hepatitis B dan sifilis. Lapisan anus sangat tipis, yang rentan terhadap transfer infeksi yang mungkin saja terjadi.

Dubur Robek
Seks anal dapat menyebabkan robeknya lapisan rektum yang halus. Lapisan ini inilah yang mencegah bakteri dari rektum berpindah ke anus. Sehingga meningkatkan peluang terkena infeksi serius.

Perkembangan Fistula
Seks anal membuat lapisan dinding dubur terkadang dapat meningkatkan risiko infeksi sehingga menyebabkan kondisi yang disebut fistula. Ini adalah kondisi di mana kotoran tidak keluar dari usus dengan mudah. Kondisi ini biasanya membutuhkan operasi untuk mengatasinya.

Kehamilan
Banyak orang percaya bahwa seks anal tanpa kondom tidak menyebabkan kehamilan. Seks anal juga menyebabkan kehamilan. Anus terletak sangat dekat dengan vagina dan jika kondom tidak dipakai maka ada kemungkinan beberapa sperma memasuki vagina dan menyebabkan kehamilan. Selain itu, saat menggunakan kondom, harus dipakai dengan benar. Anus tidak memiliki mekanisme pelumas alami seperti vagina yang membuatnya lebih mudah robek dan tergelincir.

Risiko Kanker Dubur dan Kanker Serviks
Studi terbaru menunjukkan bahwa kanker dubur dan serviks disebabkan oleh infeksi virus human pappilloma. Dan alasan utama penyebaran virus ini adalah melalui hubungan seks anal.

(ika/JPC)


Tag
  • Anal
  •  
  • Seks Anal
  •  
  • Sex
  •  
    div>