RABU , 14 NOVEMBER 2018

Ledakan di Mesin, Kapal Jabal Rahman 02 Hangus di Kepulauan Selayar

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Iskanto

Minggu , 02 September 2018 15:59
Ledakan di Mesin, Kapal Jabal Rahman 02 Hangus di Kepulauan Selayar

Kapal Jabal Rahman 02 yang terbakar di Pelabuhan Rauf Bantaeng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu (01/09) sekitar pukul 17.00 Wita.

SELAYAR, RAKYATSULSEL.COM – Karena ledakan dari mesin kapal saat akan dihidupkan. Menjadi pemicu kobaran api yang menghanguskan Kapal Jabal Rahman 02  di Pelabuhan Rauf Bantaeng, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sabtu (01/09) sekitar pukul 17.00 Wita.

Dari Informasi yang dihimpun, Kapal Jabal Rahman 02 dengan rute Benteng – Bonerate sementara sandar di pelabuhan. Salah seorang Nakhoda Kapal, Muhlis (45) menuturkan bahwa api bermula saat mesin Kapal akan dihidupkan dan tiba-tiba ada suara ledakan dari aki.

“Tak begitu lama muncul asap hitam bersamaan dengan api. Apinya cepat sekali membesar dibagian anjungan kapal yang kemudian api tak dapat terhelatkan lagi, akhirnya menghanguskan seluruh kapal,” jelas dia.

Menurutnya, api begitu cepat membesar dan mengeluarkan asap hitam lantaran memuat Bahan Bakar Minyak (BBM) dan bahan kebutuhan pokok.

” Api dapat dipadamkan setelah 3 unit mobil pemadam kebakaran berada dilokasi. Itupun api dapat dikuasai  sekitar pukul 19.20 Wita,” terangnya.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Syamsul Ridwan, membenarkan bahwa Kapal Jabal Raman 02 telah terbakar. “Ada 7 Orang penumpang dan 5 Orang Abk. Alhamdulillah semuanya selamat,” katanya.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut. Namun ada satu orang Abk mengalami luka bakar atas nama Syamsuddin, “Ia mengalami luka bakar dikedua kaki dan sudah ditangani,” jelasnya..

AKBP Syamsul Ridwan juga mengatakan bahwa kapal tersebut memuat barang kebutuhan pokok, BBM berupa 5 drum solar dan 6 drum bensin serta tabung gas ukuran 3 kg sebanyak 70 buah.

Adapun jumlah awak KM Jabal Rahman sebanyak 5 orang yaitu, Maga (50) selaku Abk Kapal warga Bonerate, Marjudin (35) selaku Abk Kapal warga Bonerate, Yusri (18) juga Abk Kapal warga Bonerate, Syamsuddin (45) selaku KKM warga Bonerate dan Muhlis (45) sebagai nakhoda.

“Akibat dari peristiwa tersebut, kerugian   materil ditaksir sekitar 600 juta rupiah,” jelasnya.

Kapolres Kepulauan Selayar  menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan penyelidikan untuk lebih  memastikan penyebab kebakaran  tersebut. (*) 


div>