RABU , 14 NOVEMBER 2018

Legislator Sulsel Bersama Ratusan Warga Gasing Berburu Tikus

Reporter:

Cherly

Editor:

Lukman

Selasa , 14 Agustus 2018 12:00
Legislator Sulsel Bersama Ratusan Warga Gasing Berburu Tikus

Pengarahan dari OPD sebelum warga berburu tikus.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Ratusan warga Dusun Padang Lembang Gasing, Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja bersama anggota DPRD Sulsel, Pendi Bangadatu, ramai-ramai membasmi tikus sawah yang selama ini sangat merisaukan warga, Senin (13/8).

Hal tersebut dilakukan karena gara-gara tikus warga Dusun Padang Lembang Gasing tiga kali gagal panen. Tikus sawah merusak padi masyakat seluas 50 Ha.

Menurut Pendi disela-sela kegiatan, mengatakan bahwa dirinya mengetahui keluhan warga Gasing saat melakukan kunjungan kerja untuk sosialisasi terkait Perda sebulan lalu. Dan dalam kesempatan itu masyarakat mengeluhkan sudah tiga kali gagal panen akibat gangguan tikus.

Mendengar keluhan warga yang tidak biasa itu, dirinya meminta membentuk kelompok dan bersurat ke dinas terkait. Dan disamping itu dirinya juga langsung koordinasi dengan OPD terkait dan Balai BPTH Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan.

“UPT BPHT Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Sulsel terjun langsung bersama masyarakat melakukan perburuan tikus dengan berbekal racun tikus temuan Menteri Pertanian RI yakni menggunakan racun tikus Tiran 58PS dengan Alpostran yang diserahkan langsung kepada dua kelompok yang ada di Gasing,” kata Pendi.

Lebih lanjut dijelaskan Pendi, bahwa setelah menerima keluhan tersebut dirinya mendesak OPD terkait untuk segera merealisasi usulan warga tersebut mengingat kondisi ini sangat memprihatikan, masyarakat sudah mengalami gagal panen sampai 3 kali berturut-turut.

“Dengan adanya bantuan racun tikus tersebut diharapkan dapat berhasil dan masyarakat tidak khawatir lagi akan mengalami gagal panen. Namun kegiatan ini akan dievaluasi sejauh mana hasil dari kegiatan ini, jika belum berhasil maka akan terus diupayakan sampai tikus tidak berkembang lagi,” jelas Pendi.

Sementara itu Ketua Kelompok Sangsaroan, Yulius Maksi yang merupakan salah satu dari kelompok yang mendapat bantuan yang mendapat bantuan racun tikus mengatakan, jika untuk pertama kalinya masyarakat Gasing mendapat bantuan untuk membasmi tikus.

Menurut Yulius, sebelumnya warga sempat kebigungan mau melakukan apa. Untung ada anggota DPRD Sulsel yang melakukan kunker ke Gasing sebulan lalu, dan akhirnya terealisasi dalam jangka waktu hanya sebulan.

“Kami juga berharap bantuan ini tidak hanya sampai disini akan tetapi berkelanjutan melalui program lain, misalnya bantuan pupuk atau yang lainnya,” kunci Yulius. (*)


div>