KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Lelang Jabatan Sekprov Sulsel, Kepala OPD Wait and See

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Iskanto

Jumat , 07 Desember 2018 10:00
Lelang Jabatan Sekprov Sulsel, Kepala OPD Wait and See

Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pendaftaran lelang jabatan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel berakhir 10 Desember. Namun hingga kini belum ada satupun kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mendaftar.

Padahal, pejabat eselon II di pemprov banyak yang memenuhi syarat untuk menduduki jabatan tersebut. Seperti Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan Andi Bakti Haruni, Kepala Dinas Pendidikan Irman Yasin Limpo.

Selain itu ada nama Kepala Dinas Sosial Ilham A Gazaling, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tautoto Tana Ranggina, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jufri Rahman. Termasuk Kepala Badan Kepegawaian (BKD) Sulsel, Ashari Faksirie Radjamilo.

Beberapa kepala dinas ini memang masih bersikap menunggu dan melihat (wait and see). Mereka lebih banyak memperhatikan dari jauh terkait perkembangan pendaftaran lelang jabatan Sekprov ini.

Kepala BKD Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan, dirinya hanya menunggu instruksi dari pimpinannya, dalam hal ini Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Wakilnya Andi Sudirman Sulaiman.

“Saya kalau ada perintah dari gubernur harus ikut, maka saya laksanakan perintah itu. Biarkan yang lain mendaftar dulu,” ujarnya.

Sementara Andi Ilham Gazaling mengatakan dirinya siap mendaftar hanya saja masih disibukkan dengan tugas-tugasnya di luar daerag selaku kepala Dinas Sosial. “Saya masih di Jakarta toh? Masih ada rapat dengan Kemensos. Ini malam sudah mau balik ke Makassar,” singkatnya, saat dihubungi via telepon, kemarin (6/12).

Beberapa kepala OPD yang sempat dihubungi malah enggan berkomentar mengenai hal ini. Sebut saja Kepala Bappeda, Jufri Rahman, Kepala Dinas Pertanahan Kawasan Pemukiman dan Perumahan (DPKP2), Andi Bakti Haruni dan Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo.

Sebelumnya Wakil Gubernur, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan dirinya memiliki kriteria khusus seperti apa sekprov yang ia inginkan.

“Sosok kriteria sekda ideal, saya ingin sekdanya itu bersih orangnya, lurus, bekerja keras, loyal kepada pekerjaan. Tidak loyal karena hanya persoalan individu dan atasan. Harus loyal pada pekerjaannya. Kalau diantara kepala OPD saya tidak mau menyebut orang karena nanti termasuk fatwa,” paparnya.

Selain itu, lanjut Sudirman, jika hingga kini dirinya belum menerima surat izin dari para kepala OPD yang akan ikut pada lelang Sekprov.

Sekadar diketahui, hingga kini baru dua pendaftar yang masuk di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel. Mereka adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Selayar, Marjani Sultan, dan Direktur Penanganan Fakir Miskin Kemensos RI, Abdul Hayat Gani.

Abdul Hayat Gani saat dikonfirmasi mengatakan, jika dirinya mendaftat atas dasar dorongan ingin membangun Sulsel dengan program strategis gubernur, bukan karena atas panggilan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Yang jelas bukan dipanggil pak Nurdin, tidak hubungan signifikan untuk itu, cuma memang kan pernah saya baca di media, pernah dimuat itu masalah pendaftaran, dan kemudian untuk jabatan strategis sepeti jabatan sekda saya lihat bahwa mari kita membangun Indonesia melalui Sulsel,” paparnya.

Motivasi dirinya ingin menjadi sekprov lantaran pengalamannya menjadi penjabat sekprov di beberapa provinsi di Indonesia.

Ia optimis dapat menang di seleksi lelang jabatan sekprov ini, lantaran melihat latar belakang pengalamannya yang sudah mumpuni. Selain itu, kata dia, sepanjang seleksinya itu objektif, maka dirinya optimistis dapat terpilih. (Alamin)


div>