KAMIS , 20 SEPTEMBER 2018

Lima Bakal Calon Senator Tumbang

Reporter:

Fahrullah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 30 Mei 2018 09:45
Lima Bakal Calon Senator Tumbang

kantor dpd. (int)

– KPU Mulai Verifikasi Faktual Dukungan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dari 28 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Perwakilan Sulawesi Selatan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel telah mengumumkan jumlah kandidat yang dinyatakan memenuhi syarat. Lima diantaranya tidak bisa memenuhi syarat dukungan yang hanya 3.000 e-KTP.

KPU Sulsel, Misna M Attas, mengungkapkan, kelima orang tersebut telah diberikan kesempatan beberapa waktu lalu melakukan perbaikan. Namun saat ini tidak bisa lagi mencukupkan jumlah dukungan menjadi 3.000 e-KTP atau sering disebut tidak memenuhi syarat dukungan.

Mereka adalah A Ardiansyah, Andi Kasmawati Paturusi, Harmasyah, Shafatiarah, dan Andi Adara Vannesa Baramuli. “Mereka tidak memenuhi jumlah dukungan yang ada,” ungkap Misna, Selasa (29/5) kemarin.

Dirinya menyebutkan, mereka yang telah dinyatakan tidak memenuhi syarat, masih diberikan ruang untuk melakukan gugatan ke Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sulsel dalam waktu tiga hari setelah pengumuman nama-nama yang telah dinyatakan lolos.

“Kami menunggu saja (gugatan). Yang jelas di KPU sudah tidak ada lagi jalan dan boleh saja melakukan gugatan, apakah Bawaslu memberikan ruang atau tidak,” ujarnya.

Dengan adanya putusan tersebut, KPU Sulsel telah menyerahkan seluruh hasil verifikasi jumlah dukungan kepada semua kandidat anggota DPD RI. Sehingga menurut Misna M Attas, hasil tersebut bisa disengketakan jika ada yang tidak menerimanya.

“Berita acara yang telah kami berikan kepada mereka, adalah objek yang bisa disengketakan dan itu modal untuk menyampaikan keberatan kepada Bawaslu Sulsel,” tuturnya.

Pihaknya akan melakukan verfikasi faktual di setiap kabupaten. Dimana ke-23 kandidat yang telah dinyatakan lolos ke tahap selanjutnya.

“Kami akan mencoklik 10 persen dari jumlah dukungan mereka. Jadi kalau 3.000, maka 10 persen adalah 300 nama yang keluar dari aplikasi yang dilakukan secara acak, dan itu akan dilakukan verifikasi faktual oleh KPU kabupaten kota dengan cara terbuka,” jelasnya. (*)

Nama-nama yang dinyakan lolos:
1. Andi Moh Roem
2. Muhammad Saiful Saleh
3. Sindawa Tarrang
4. Rudi Hartono
5. Mappaujung
6. Pathillah
7. Lily Amelia Salurapa
8. Ajiep Padindang
9. Andi Muh Ihsan
10. Amil Sadiq
11. Tamsil Linrung
12. Asmar
13. Nina Marlina Nadjamuddin
14.Muh Yunus Razak
15.Arianto Burhan Makka
16.Herman Hafid Nassa
17.M Tasmin
18.Muhlis Katili
19.AM Iqbal Parewangi
20.Abd Rahim Mas P Sanjata
21. Sulaeman Qamaruddin
22.Mustafa Irate
23.Nusra Aziz

 

Tidak Lolos :
1. Andi Adara Vanessa Baramuli
2.Harmansyah
3.Andi Kasmawati Paturusi
4.Ardiansyah
5.Shafatiarah


div>