SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Lima Balon Rektor Unhas Akan Adu Visi Misi

Reporter:

Irsal

Editor:

asharabdullah

Selasa , 09 Januari 2018 10:24
Lima Balon Rektor Unhas Akan Adu Visi Misi

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Lima Bakal Calon (Balon) rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) bakal berebut 86 suara Senat Akademik Unhas pada proses penyaringan yang akan digelar pada 24 Januari 2018 mendatang.

Kelima bakal calon rektor tersebut, yakni Prof Dr Dwia Aries Tina Puluhubu MA, Prof Dr Muhammad Yunus SE MA, Prof Dr Abrar SH MH, Dr Ir Muhammad Ramli MT dan Dr Muhammad Ikram Idrus SE MS.

“Yang menjadi anggota Senat Akademik Unhas, yakni rektor, wakil rektor, dekan, ketua-ketua lembaga. Ditambah dengan utusan setiap fakultas sebanyak empat orang. Utusan fakultas ini dipilih di senat fakultas masing,”kata Kepala Humas Unhas, Ishaq Rahman, saat menggelar konfrensi pers bersama Mejelis Wali Amanat (MWA) dan Senat Akademik,di lantai 4 gedung Rektorat, Senin (8/1).

Pada kesempatan tersebut, Majelis Wali Amanat (WMA) Prof Basri Hasanuddin ikut menjelaskan tentang tahapan pemilihan 24 Januari mendatang. Pada awal, adalah tahapan penyaringan lima balon rektor oleh senat akademik. Dari lima balon tersebut, kemudian akan dipilih tiga nama oleh senat akademik “Ketiga nama tersebut kemudian akan diserahkan ke Majelis Wali Amanat (MWA). MWA selanjutnya menentukan rektor baru periode 2018-2022,”terang Prof Basri Hasanuddin.

Anggota MWA berjumlah 19 orang, terdiri atas Menteri, Gubernur Sulsel, Rektor, Ketua Senat Akademik, wakil dari masyarakat sebanyak tiga orang, wakil dari dosen sebanyak delapan orang, wakil dari tenaga kependidikan sebanyak dua orang, ketua IKA Unhas mewakili alumni, dan ketua Senat Mahasiswa Unhas atau sebutan lainnya sebagai wakil mahasiswa.

Sebelum dilakukan pemilihan, terlebih dahulu dilakukan pemaparan visi-misi yang akan dipandu oleh tiga panelis yaitu Prof Djoko Santoso, Prof Radi dan Prof Dadang.

Senat Akademik Unhas, Prof Tahir Kasnawi mengaku telah siap untuk mensukseskan pemilihan Rektor Unhas. “Kami sudah siap mensukseskan pemilihan rektor, apalagi sejauh ini bakal calon rektor sudah ada lima orang, tinggal menyeleksinya dan menetapkan tiga orang calon rektor yang akan memimpin Unhas kedepan,” bebernya.

Untuk menjadi rektor Unhas bisa dikatakan tidak mudah, pasalnya untuk menduduki jabatan tertinggi di Unhas harus mempunyai pengalaman yang banyak dalam kepemimpinan. Setidaknya pernah menduduki jabatan wakil dekan, selain itu juga gelar atau pangkat seorang calon juga sangat dipertimbangkan, dan umur tidak boleh melebihi 60 tahun.

Prof Tahir menjelaskan, nantinya lima pasangan calon akan memperebutkan 86 suara senat akademik Unhas yang terdiri dari Rektor ,Wakil Rektor,Dekan, Ketua-ketua Lembaga ditambah empat utusan setiap fakultas. (*)


div>